NEWS

Ubah asap rokok jadi oksigen, Maul-Afdi siswa terbaik dunia

Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Semarang menciptakan alat pengubah asap rokok menjadi oksigen yang memenangi International Exhibition for Young Inventors (IEIY) 2012 di Bangkok, Thailand.

“Alat itu kami namakan ‘T-Box Application to Reduce the Danger Impact of CO dan CO2 in Smoking Room’,” kata Hermawan Maulana, salah satu siswa SMA Negeri 3 Semarang pemenang IEIY 2012 saat ditemui di Semarang, Rabu.

Didampingi Zihramma Afdi, rekannya satu tim, Hermawan mengatakan bahwa mereka memiliki ide membuat alat untuk memfilter karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen itu diawali kegelisahannya melihat para perokok yang kian banyak.

Putra pasangan Suwaji dan Setijawati Noegraheni itu mengungkapkan, sekarang sudah banyak disediakan ruang untuk merokok (smoking room). Namun, tidak banyak dimanfaatkan karena ruangan akan menjadi penuh asap.

Dengan alat tersebut, asap rokok yang mengandung CO2 akan diurai menjadi oksigen, kemudian oksigen dialirkan kembali ke “smoking room” sehingga fasilitas itu bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh perokok.

“Minimal, perokok ‘betah’ di ‘smoking room’ dan tak merokok sembarangan sehingga tidak mengganggu orang lain. Kami ciptakan ini karena belum mampu mengurangi jumlah perokok,” kata remaja kelahiran Pekanbaru, 24 Mei 1996 itu.

Berkaitan dengan cara kerja alat itu, giliran Afdi yang menjelaskan bahwa alat yang semula dinamai “Carbofil Application” itu bekerja menghisap asap rokok masuk ke dalam mesin yang sudah dirangkai komponen.

“Di dalam alat ini, asap rokok akan diurai menjadi oksigen kemudian dialirkan kembali. Selain oksigen, filterisasi juga meninggalkan karbon. Namun, karbonnya berbentuk padat yang bisa dimanfaatkan kembali,” katanya dikutip antara.

Afdi mengakui bahwa mereka sempat tidak percaya diri tatkala alat itu diadu dengan hasil penemuan siswa dari berbagai negara, apalagi mereka ditempatkan di stan yang letaknya berdampingan dengan siswa dari Jepang.

Namun, kata putra pasangan Abdul Hafid dan Ninik Budi yang lahir di Grobogan, 17 Februari 1995 itu, alat ciptaan mereka ternyata mampu mengalahkan penemuan-penemuan dari siswa berbagai negara di ajang tersebut.

Kepala SMA Negeri 3 Semarang Hari Waluyo mengaku bangga dengan prestasi siswanya dalam ajang yang berlangsung di Bangkok pada tanggal 28 Juni-1 Juli 2012 dan mampu mengalahkan peserta dari berbagai negara.

“Mereka berhasil mengalahkan pesaingnya dari China, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Taiwan, dan Jepang. Kedua siswa ini duduk di kelas XI IPA, mereka bisa menjadi teladan adik-adik kelasnya,” katanya.

Selain kedua siswa SMA Negeri 3 Semarang, medali emas di ajang sama diperoleh oleh siswa dari SMP Petra Surabaya dengan inovasi “Water Coated Helmet”.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

KORUPTOR ALQUR’AN DOSANYA BERLIPAT

Ketua DPR Marzuki Alie mengaku prihatin atas korupsi pengadaan Alquran yang diduga dilakukan anggota Komisi VIII, Zulkarnaen Djabar. Menurutnya, koruptor Alquran dosanya berkali lipat.

“Ya kita prihatin, apalagi yang dikorupsi pengadaan Alquran, ya bertambah-tambah itu dosanya,” kata Marzuki usai menghadiri acara ‘International Conference for The Freedom of Al-Quds and Palestine’ di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/7).

Dia mengaku tidak akan melindungi siapa pun yang terlibat dalam kasus korupsi Alquran. Sebab, korupsi merupakan tindakan hina.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini lantas mengingatkan semua pihak agar tidak melakukan korupsi. Dia juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap siapapun yang bersalah dalam kasus itu.

“Kita dukung supaya yang maling duit negara segera diproses, dituntut, dan dimasukan penjara,” katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua orang tersangka korupsi pengadaan Alquran di Kementerian Agama. Kedua tersangka adalah ayah dan anak yaitu, Zulkarnaen Djabar dan Dendi Prasetya yang tercatat sebagai Sekjen Gerakan Muda MKGR.

Keduanya dijerat dengan pasal 5 ayat 2, Pasal 12 huruf a atau b dan atau Pasal 11 juncto Pasal 55 dan Pasal 65 KUHP.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru

SEJUTA MANFAAT DARI PUASA

Sepanjang sejarah, umat manusia telah mengenal kebiasaan berpuasa, entah itu karena kewajiban beragama atau tujuan yang lain. Ternyata, kebiasaan puasa itu sendiri menyimpan jutaan manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak daftar manfaat tersebut selengkapnya seperti yang dilansir dari squidoo.com (28/06) berikut ini.

Detoksifikasi
Manfaat utama dari berpuasa adalah detoksifikasi tubuh. Sebab berpuasa membuat fisiologis tubuh beristirahat, terutama bagian pencernaan. Fase istirahat itu pun menyebabkan tubuh bisa kembali fokus untuk penyembuhan, memperkuat, dan memperbaiki organ internal. Selama berpuasa, tubuh Anda akan membersihkan diri dari racun yang terakumulasi di dalam sel.

Sinyal urine
Saat berpuasa, Anda bisa memperhatikan warna urine yang semula tampak jernih, kemudian kekuningan, lantas jernih kembali. Sinyal tersebut merupakan tanda bahwa tubuh sedang membersihkan racun, sehingga setelah berpuasa racun tersebut telah hilang.

Sistem ulang
Manfaat lain dari berpuasa adalah bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Puasa bisa mengatur ulang sistem pencernaan dan mengubah kebiasaan ngemil Anda. Saat berpuasa, Anda membuat pankreas beristirahat dalam memproduksi insulin, yang biasanya dibutuhkan untuk mencerna makanan di dalam tubuh.

Manfaat lain
Secara umum, para ahli kesehatan menyebutkan berbagai manfaat dari puasa. Manfaat tersebut diantaranya memperbaiki kualitas tidur, sistem pencernaan, meningkatkan energi, kemampuan mental, menghilangkan rasa cemas, mengurangi kadar racun, menyehatkan kulit, menurunkan tekanan darah, berat badan, menjauhkan diri dari sakit kepala, nyeri otot, baik bagi kualitas gigi dan gusi, kesehatan kardiovaskular, meningkatkan sistem imun, dan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit lainnya.

Beberapa orang bahkan percaya puasa juga bisa melawan kanker, sehingga beberapa pasien kanker berlatih puasa sebagai terapi untuk kesembuhan mereka.

Sebelumnya, sebuah penelitian pun membuktikan bahwa puasa secara teratur akan memperpanjang usia seseorang. Jadi, apakah Anda siap untuk berpuasa dan merasakan sejuta manfaatnya?

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s