Bermutu B.Indonesia

Membudayakan Menulis Karya Ilmiah

Kegiatan “Bermutu” sudah hampir selesai. Kegiatan dilaksanakan sebanyak minimal 16 kali pertemuan. Pokja baru Mapel bahasa Indonesia (pokja 1, 4, 6, dan 8) sudah selesai atau pertemuan ke-16, sedangkan pokja lama (pokja 2, 3, 5, dan 7) sudah pertemuan ke-15. Namun apabila pengurus memerlukan kehadiran para peserta yang ada hubungan dengan kegiatan akan mengundang lagi.

Kedelapan pokja tersebut sudah melaksanakan refleksi dosen LPTK pada hari Senin tanggal 31 Januari 2011. Dosen LPTK yang memberikan refleksi adalah Bp. Drs. Muh. Doyin, M.Si. dari Unnes Semarang.

Peserta dari 8 pokja mengikuti dengan antusias kegiatan tersebut, senyampang menanyakan hal-hal yang belum dipahami dalam penyusunan PTK. Setelah materi selesai disajikan, banyak peserta yang bertanya kaitannya dengan PTK. Bapak Muh. Doyin pun memberi penjelasan dengan telaten sehingga penanya dan para peserta lainnya betul-betul paham.

Saat pertemuan itu juga para peserta mengumpulkan tugas yang berupa proposal dan atau laporan PTK untuk dikoreksi dan direvisi oleh Bapak Muh. Doyin. Hasil revisi diberikan kepada para peserta pada hari Senin tgl 6 Februari 2011.

Kegiatan tidak berhenti sampai di situ, kegiatan dilanjutkan “Mengubah Laporan PTK Menjadi Sebuah Artikel”. Kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan pada hari itu karena waktu sudah memungkinkan lagi.

Kegiatan “bermutu” agendanya hanya sampai refleksi dosen ke-2, namun mata pelajaran Bahasa Indonesia sepakat untuk mengundang dosen sekali lagi dalam acara “Mengubah Laporan PTK Menjadi Artikel”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 Februari 2011.

Kegiatan itu sangat perlu karena :
1. Minimnya pengetahun para guru tentang artikel Ilmiah.
2. Kenaikan pangkat yang akan datang harus menyertakan pengembangan profesi. Pengembangan profesi tersebut bisa berupa PTK maupun Artikel Ilmiah.
3. Memberi bekal kepada para guru agar bisa mengubah Laporan PTK menjadi artikel Ilmiah.
4. Bisa mempublikasikan karyanya melalui jurnal pendidikan Kab. Pekalongan.

Para peserta yang berasal dari 8 pokja mendengarkan dengan penuh perhatian dengan harapan bisa mengubah hasil laporan PTK yang telah dibuat pada kegiatan “Bermutu” menjadi Artikel Ilmiah. Setelah menjadi artikel dengan betul akan dikirim ke jurnal “Fortuna” milik Dinas Pendidikan kab. Pekalongan yang terbit perdananya pada bulan Desember 2010 tahun lalu.

SUPEREVA DWI BAHASA

Supervisi dan Evaluasi saat ini (26/1) dilakukan oleh tim gabungan dari Provinsi, LPMP, daan Pengawas.
Supervisi dan Evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan masukan yang real dari pelaksana langsung atau dari masing-masing pokja. diharapkan kegiatan ini bisa sebagai bahan evaluasi kegiatan bermutu yang nantinya hasil dari evaluasi ini dapat digunakan untuk perbaikan di masa mendatang.
Seperti dalam undangan yaitu pukul 09.00 di SMP Negeri 1 Bojong sebagai tempat supervisi dan evaluasi (supereva) untuk mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa Inggris, banyak yang datang karena pagi itu dalam suasana gerimis.
Baru dua pokja saja tidak lengkap yang hadir, tim sudah datang. Tim transit di ruang kepala sekolah. Kurang lebih setengah jam berikutnya para undangan -tiap pokja 2 pengurus dan 2 anggota- mulai berdatangan.

Pukul 09.45 acara dimulai walaupun peserta belum lengkap. Setelah tim (Bapak Joko dan Ibu Endang) memberitahukan maksud dan tujuan kedatangan, juga memberikan petunjuk teknis pengisian instrumen. Setelah selesai memberi penjelasan maka instrumen pun dibagi untuk diisi oleh para anggota “bermutu”.

Walaupun suasana dingin karena habis hujan dan halaman SMP N 1 Bojong banjir, para peserta antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Kegiatan yang dilakukan pada saat itu adalah :
1. Mengisi instrumen yang telah disiapkan oleh tim. Masing-masing peserta harus menjawab sebanyak 200 item. Jawaban yang diberikan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan dialami oleh masing-masing peserta.
2. Wawancara.
Para peserta diwawancarai oleh tim kaitannya tugas-tugas yang dikerjakan oleh diri sendiri, dan dikerjakan oleh anggota (pertanyaan yang ditujukan kepada pengurus).
Dari hasil wawancara tersebut para tim bisa mengetahui sejauh mana tugass yang telah dikerjakan oleh para peserta.
3. Refleksi
Setelah mengisi instrumen dan wawancara selesai, tim memberi refleksi dari kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
Pesan-pesan dari tim evaluator adalah agar para peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh. Mengejakan tugas yang diberikan dengan baik. harapan kegiatan ini bisa membawa perubahan para peserta ke hal yang lebih baik, selain itu bisa membawa peningkatan prestasi para siswa di sekolah masing.

MONITORING MGMP POKJA 5

Supervisi dan evaluasi (supereva) kegiatan BERMUTU telah dilaksanakan hari Senin tanggal 8 November 2010. Supervisi ini pelaksananya dari LPMP bersama tim dari kabupaten.

Supereva sudah selesai, hari Kamis dan Jumat ada monitoring kegiatan BERMUTU dari P4TK Matematika Yogyakarta. Monitoring saat ini untuk 2 Pokja MGMP dan 2 KKG gugus. MGMP bahasa Indonesia Pokja 3 dan Pokja 5 sekarang yang dimonitoring.

Ibu Wardani memberi pengarahan cara mengisi instrumen monitoring

MONTORING DARI P4TK MATEMATIKAN YOGYAKARTA

Kegiatan monitoring yang dipimpin oleh Ibu Wardani ini ada 2 teknik yaitu mengisi instrumen dan audiensi.

Pengisian instrumen ini sebagai masukan tentang kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing pokja. Instrumen yang berjumlah 200 item tersebut menanyakan seluk beluk pelaksanan kegiatan dan administrasi Pokja selama kegiatan berlangsung.

Selain mengisi instrumen yang telah disediakan oleh Tim dari P2TK, juga diadkaan audiensi antara pengurus, peserta, dan tim. Hal ini untuk pencocokan data yang telah diisikan, selain itu juga untuk mengetahui permasalahan yang ada dilapangan.

Hasil dari monitoring akan dibawa ke Jakarta untuk diadkaan pembahasan permasalah tingkat nasional. Hasil yang diperoleh untuk perbaikan pelaksanaan kegitan yang akan darang.

Supereva dan monitoring telah usai bukan berarti kegiatan berhenti sampai disini, tetapi berjalan seperti biasa sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan disepakati. Semoga kegiatan BERMUTU bisa membawa kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Pekalongan pada khususnya dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

FORUM MGMP

Program “BERMUTU” telah berjalan 2 tahun. Yang mendapat program tersebut adalah 4 mata pelajaran yang diujiannasionalkan, yaitu IPA, Matematika, B. Inggris, dan B. Indonesia.

Kabupaten Pekalongan masing-masing mata pelajaran (mapel) ada 8 pokja, termasuk mapel bahasa Indonesia. Pokja 1 berskretariat di SMP 1 Wonopringgo, Pokja 2 bersekretariat di SMP 3 Kejen. Pokja 3 bersekretariat di SMP 2 Bojong, Pokja 4 bersekretariat di SMP 1 Kesesi, Pokja 5 bersekretariat di SMP 1 Bojong, Pokja 6 bersekretariat di SMP 2 Tirto, Pokja 7 bersekretariat di SMP 1 Siwalan, dan Pokja 8 bersekretariat di SMP Muhammadiyah Pekajangan.

Selain dibentuk pokja yang beranggotakan 8-10 sekolah, juga dibentuk forum yang anggotanya terdiri atas beberapa pokja, MGMP dibentuk 2 forum yaitu forum 1 untuk pokja 1 s.d. 4, sedang forum 2 untuk pokja 5 s,d. pokja 8.

Pokja 1 yang diketuai oleh Basuki, S.Pd. dari SMP 1 kajen dan forum 2 diketuai oleh Muhammad Maliki dari SMP 2 Doro tersebut sudah melakukan MOu yang pelaksanaannya di Solo.

Dengan adanya Mou tersebut berarti kegiatan akan segera dilakasanakan sesuai dengan jadwal dan materi yang telah disusun. Materi dari forum adalah menerbitkan buletin.

Rapat pembentukan dewan redaksi

Rapat pembentukan dewan redaksi

Forum mengadakan rapat untuk membentuk dewan redaksi termasuk agendanya. Buletin yang diberi Judul “PROFEISONAL” tersebut akan terbit perdana di akhir bulan November 2010. Untuk merealisasikan agenda tersebut dewan redaksi kerja untuk mendapatkan naskah dan materi yang dimuat dalam PROFESIONAL termasuk mewawancarai sosok yang akan ditampilkan pada edisi perdana.

Selain menerbitkan buletin, forum juga mempunyai tugas lain yaitu mengawal ketercapaian 8 tagihan bagi guru peserta “Bermutu”. Untuk tugas itu perlu dibuat instrumen agar sistematis mengetahui data tiap pokja yang mengumpulkan/mengerjakan tugas tersebut.

8 Komentar

8 thoughts on “Bermutu B.Indonesia

  1. Wah, fotonya bagus-bagus ya? Sayang aku ga’ ada di dalamnya. yuk kita majukan pendidikan melalui bermutu, agar guru lebih handal dan profesional. met ngeblog sama aku, Bos!

    Ayuuk, sekarang fotomu sudah ada kan? lihat dikomentar

  2. Apakah tidak ada sooal/prediksi mata pelajaran yang lain

    Vi, yang dimaksud soal apa? kalau empat mapel sebenarnya masih ada, tapi apakah sempat mempelajari, kayaknya kalo itu bisa paham betul cara mengerjakan sudah mewakili, selamat belajar moga sukses ya

  3. tolong ajari saya buat BLOG pak, meskipun sederhana. salam kenal dan terima kasih.

    terima kasih sudah mau mampir, tolong dikirimi alamat email nati saya kirimi langkah-langkahnya. sebisa saya.

  4. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Isi absen dulu, sambil kenalan jangan lupa kunjungi balik ya blog saya

    Wa’alaikum salam, salam kenal kembali. Saya sangat senang bisa kenalangan dengan Bapak, hanya saja maaf saya lama tidak buka blog lagi. Insya Allah saya berkunjung ke blog Bapak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s