GURU BAHASA INDONESIA WAJIB BERSERTIFIKAT UKBI

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kabupaten Pekalongan mengadakan kegiatan yaitu rapat MGMP pada hari Senin tanggal 19 November 2012. Ada acara yang menarik kali ini, selain menyampaikan kisi-kisi Ulangan Akhir Semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 juga ada sosialisasi tentang Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Sosialisasi ini disampaikan oleh Ibu Enita Istriwati dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Beliau menyatakan bahwa UKBI bermanfaat untuk mengetahui mutu kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia. Manfaat lain sertifikat UKBI, kelak digunakan sebagai syarat memperoleh tunjangan sertifikasi dan beasiswa unggulan.

Menurut Koordinator UKBI Balai Bahasa Provinsi Jateng Karyono SPd MHum, mulai 2013, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di Indonesia diwajibkan memiliki sertifikat UKBI.

Dengan adanya ketentuan wajib memiliki sertifikat UKBI itu, tahun depan dia berencana mengusulkan biaya penyelenggaraan UKBI dalam APBN 2013 untuk guru Bahasa Indonesia se-Indonesia. Sebab, selama ini biaya UKBI ditanggung peserta atau instansi penyelenggara sebesar Rp. 50.000,00/peserta.
Sertifikat UKBI berlaku setahun setelah itu harus mengikuti UKBI lagi dengan kata lain UKBI diadakan dan harus diikuti oleh guru bahasa Indonesia setiap tahun.

Dalam UKBI guru harus melewati lima sesi/tahap, yakni tahap mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara. Masing-masing sesi memiliki waktu yang berbeda.

Soal UKBI berupa pilihan ganda, uraian, presentasi gambar, dan mendengarkan. Selain itu, peserta juga diuji mengenai ejaan, paragraf, dan diksinya.

Peringkat dalam UKBI ada tujuh tingkat yaitu peringkat istimewa untuk skor 750-900, peringkat sangat unggul untuk skor 675-749, peringkat unggul untuk skor 525-674, peringkat madya untuk skor 375-524, peringkat semenjana untuk skor 225-374, dan peringkat marginal untuk skor 150-224 serta peringkat terbatas untuk skor 0-149.
Dijelaskan, materi UKBI digagas sejak 2004 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Materinya berupa penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai ranah komunikasi dan laras bahasa.

Dari sosialisasi tersebut, para guru Mata Pelajaran bahasa Indonesia di Kabupaten Pekalongan sepakat untuk mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia tersebut yang akan dilaksanakan sebelum tahun 2013.

2 thoughts on “GURU BAHASA INDONESIA WAJIB BERSERTIFIKAT UKBI

  1. Saya harap UKBI ini juga bisa menjadi standar bagi para pekerja luar (ekspatriat) yang mau masuk ke Indonesia. Sayang sudah dibuat kalau cuma jadi sekedar “proyek”, jika dibandingkan dgn TOEFL yang diminta juga oleh negara2 luar.

    Btw saat ini saya sedang mengembangkan elearning bahasa Indonesia, mohon sudi mengunjungi serta memberikan masukan

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s