VARIASI SOAL 20 TIAP RUANG PADA UN TAHUN 2013

AMBON, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, variasi soal pada Ujian Nasional (UN) 2013, yang akan ditingkatkan jenisnya dibandingkan dengan UN 2012, akan dapat meningkatkan konsentrasi peserta ujian.

“Rancangannya sudah disiapkan dan berdasarkan kajian sementara akan strategis bagi peserta UN karena mereka bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan lembaran-lembaran soal,” katanya saat dikonfirmasi Antara di Ambon, Minggu (14/10/2012) malam.

Di sela-sela pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon, ia mengaku optimistis para peserta UN bakal tenang mengerjakan soal-soal karena 20 peserta dalam satu ruang akan mengerjakan 20 variasi soal sehingga peserta tidak mengalami gangguan dari temannya.

“Terpenting peserta UN lebih konsentrasi, baik sejak persiapan hingga saat UN karena mempersiapkan diri seoptimal mungkin agar berhasil lulus,” ujarnya.

Lebih dari itu, katanya, hal ini pun bisa meningkatkan kepercayaan diri peserta UN sehingga meningkatkan kualitas lulusan.

Menurut dia, upaya yang dirancang itu juga akan mengantisipasi kemungkinan adanya kebocoran soal yang sering meresahkan para siswa.

“Sasarannya yang lulus pelaksanaan UN harus berkualitas agar Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan jujur,” tandas Mendikbud.

Mengenai standar kelulusan, ia mengatakan, belum ditetapkan apakah tetap di angka 5,5 atau akan dinaikkan lagi pada UN 2013. Namun, kemungkinan, tingkat kesulitan dalam UN 2013 akan berubah.

Pertimbangannya, pada UN 2012, tingkat kesulitannya yaitu 10 persen soal mudah, 80 persen soal sedang, dan 10 persen soal sukar.

Untuk UN 2013, kemungkinannya soal sulit akan ditambah menjadi 20 persen, lalu soal mudah sebanyak 10 persen, dan soal sedang sebanyak 70 persen.

“Ini masih belum ditetapkan sehingga perlu dimatangkan lagi agar penerapannya benar-benar menjawab program meningkatkan kualitas SDM warga Indonesia,” kata Mendikbud.
Sumber :Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s