MUTIARA

9. Kebaikan menghidupkan cahaya dalam hati dan kekuatan dalam beamal. sedangkan keburukan menyebabkan kegelapan dalam hati dan kelemahan dalam beramal. (Al Mu;tamir bin Sulaiman at-Taim)
8. Berpuasalah karena berpuasa itu dapat menutup pintu kemaksiatan dan membukakan pintu ketaatan untukmu. (Sufyan Ats Tsauri)

7. Sesungguhnya di antara bagian hawa nafsu yang tersembunyi adalah merasa senang apabila amalan yang kita perbuat dilihat oleh orang lain. (Ibu Atsir)

6. Malam itu panjang maka jangan pendekkan dengan tidurmu dan siang itu begitu terang makan janganlah kau menjadikannya gelap dengan dosa-dosamu. (Yahya bin Muadz)

 

M UTIARA HIKMAH ISLAMI

Mutiara Himah ini saya tulis dari widget Islaminya Al Habib. Saya kira ini pengetahuan yang sangat bagus dan patut kita ketahui, kita baca, kita dalami, dan kita amalkan.

Mutiara Hikmah Islam kami tulis ulang barang kali para tamuku yang baik  terlewatkan tidak membaca pada edisi tertentu, dengan kami tulis semoga para tamuku yang baik hati bisa membaca di lain waktu.

Semoga Al Habib mendapat balasan pahala dari Allah swt yang lebih besar dan banyak, dan bermanfaat bagi saya dan tamuku yang baik hati

  1. Apabila akherat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya tapi apabila dunia ada dalam hati maka akhirat tidaklah akan menemaninya, itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina. (Abu sulaiman dan Ad Daroni)
  2. Hendaknya setiap mulmim memperoleh  tiga macam perlakuan darimu, jika kamu tidak dapat membeinya sesuatu manfaat maka janganlau membahayakannya, jika kamu tidak bisa membahagiakannya maka  janganlah membuatnya sedih, dan jika kamu tidak memujinya janganlah mencela. (Yahya bin Mu’adz)
  3. Semoga Allah merahmati seorang hamba yang merenung sejenak sebelum melakukan suatu amalan, jika niatnya adalah karena Allah, maka ia melakukannya. Tapi jika niatnya bukan karena Allah maka ia mengurungkan. (al-Hasan)

Menggapai Cita

Setiap orang mempunyai keinginan atau sesuatu yang akan dicapai. Hal itu bisa disebut juga dengan cita. Untuk menggapai cita-perlu usaha, doa, dan berserah diri pada Yang Kuasa.

Ada beberapa cara untuk menggapai cita-cita tersebut. Salah satunya langkah tersebut di bawah ini :

1. Berusaha berada di depan.

Apabila kita mengikuti suatu kegiatan berusaha berada di paling    depan. Dengan berada di paling depan kita dapat mendengar, melihat, menerima segala apa yang disampaikan oleh penyaji dengan jelas, gamblang.

Dengan posisi kita didepan kita tidak mudah untuk bermain dengan teman sebelah atau berusaha tidak mengantuk.

Selain itu juga  akan berusaha tidak mengantuk. Kalau ngantuk kita malu kepada penyaji.

2. Sama antara apa yang diinginkan dengan perilaku.

Seandainya kita sebagai pelajar, Apabila kita mempunyai suatu keinginan sebut pengin lulus, perilaku kita harus kita samakan. Misal waktu berangkat    tidak terlambat (perilaku ingin lulus), mengerjakan semua PR yang diberikan (perilaku ingin lulus), masih banyak contoh yang lain.

3. Beribadah dan berdoa

Kita harus berusaha melaksanakan kewajiban kita sebagai hamba Allah swt, selain itu kita berusaha bangun malam untuk memohon kepada Sang Kholiq dan Sang Pemberi. Pada malam hari itu kebanyakan orang tidur. Pada saat orang tidur itulah kita minta kepada Tuhan yang Maha Mendengar.

Demikian tips di atas semoga bermanfaat, semoga Allah selalu meridloi dan memberkahi permohonan kita semua. Amin

  1. Menunda-nunda perbuatan baik adalah salah satu tentara di antarabala  tentara iblis yang telah berhasil membinasakan orang banyak
  2. Bertaqwalah kepada Allah dan carilah rejeki yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu dengan cara yang halal karena sesungguhnya jika Anda mencarinya dengan cara yang halal maka Anda tidak akan mendapatkan melebihi apa yang telah ditakdirkkan untukmu (Muhammad bin Sirin)
  3. Hendaknya setiap mulmim memperoleh  tiga macam perlakuan darimu, jika kamu tidak dapat membeinya sesuatu manfaat maka janganlau membahayakannya, jika kamu tidak bisa membahagiakannya maka  janganlah membuatnya sedih, dan jika kamu tidak memujinya janganlah mencela. (Yahya bin Mu’adz)
  4. Semoga Allah merahmati seorang hamba yang merenung sejenak sebelum melakukan suatu amalan, jika niatnya adalah karena Allah, maka ia melakukannya. Tapi jika niatnya bukan karena Allah maka ia mengurungkan. (al-Hasan)
9 Komentar

9 thoughts on “MUTIARA

  1. terkadang saya ga berani kata2 mutiara yg terlalu baik,sungguh,karena melihat diri saya sendiri sering terjatuh pada lubang kealpaan yg sama beberapa kali hingga membuat marah pada diri sendiri dan sampai saat ini sulit dan belum memaafkan diri sendiri (ups,maaf klo jd curcol)😀

    • Terima kasih kunjungan di blok saya, saya juga setuju bahwa tindakan itu perlu. Tapi ilmu juga perlu dimiliki untuk fondasi dalam membawa diri. Saling mengingatkan perlu dilakukan agar selalu ingat pada Sang Pencipta. Sekali lagi terima kasih tegur sapa dari Bapak. Salam kenal dan hangat selau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s