Bank Soal

NASKAH PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL (UN)

BAHASA INDONESIA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

PAKET  A

DISUSUN PESERTA WORKSHOP MGMP SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)

TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

DI BP DIKJUR PROVINSI JAWA TENGAH

23 s.d. 25 AGUSTUS 2010

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

DINAS PENDIDIKAN

PAKET  A

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

BAHASA INDONESIA


LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Hari / Tanggal                         :

Waktu                                       :

PETUNJUK UMUM :

  1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJ!
  2. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
  3. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban.
  4. Periksa dan bacalah soal-soal sebaik-baiknya sebelum Anda menjawabnya!
  5. Laporkan kepada pengawas tes apabila terdapat tulisan yang kurang jelas atau rusak atau jumlah halaman soal kurang.
  6. Jumlah soal sebanyak 60 butir pilihan ganda, semua soal harus dijawab.
  7. Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah!
  8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas tes!

Nomor 1

Standar Kompetensi Lulusan ( Nomor 1 sampai dengan 24 )

Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.

Kemampuan yang Diuji

Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.

Soal

Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pectin, kalium, asam D’glucaric, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan serat pectin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

  1. unsur-unsur utama dalam buah apel
  2. permasalahan kolesterol dan buah apel
  3. manfaat buah apel dalam kehidupan
  4. keefektifan apel mengatasi kolesterol

Kunci Jawaban: d

Pembahasan

Ada dua hal pokok yang tersaji dalam paragraf tersebut. Pertama, kandungan buah apel dengan lima unsur utamanya. Kedua, perpaduan unsur dalam buah apel yang mampu menurunkan kolesterol dan racun dalam tubuh. Untuk itu, fokus paragraf tersebut adalah keefektifan buah apel untuk mengatasi masalah kolesterol dan racun tubuh. Untuk itu, gagasan pokok paragraf tersebut adalah keefektifan buah apel dalam mengatasi permasalahan kolesterol.

Nomor 2

Kemampuan yang Diuji

Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator

Disajikan sebuah paragraf yang kalimatnya diberi nomor, siswa dapat menentukan  kalimat utama paragraf tersebut.

Soal

(1) Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.

Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Kunci Jawaban: d

Pembahasan

Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama. Pada paragraf tersebut berisi informasi tentang kegiatan pameran seni. Berdasarkan isi paragraf tersebut, kalimat 1, 2, dan 3 merupakan kalimat penjelas dari kalimat keempat (penjelasan aspek kesuksesan acara pameran). Kalimat keempat berisi pernyataan kesuskesan kegiatan yang diselenggarakan suatu sekolah dalam rangka ulang tahun. Karena ketiga kalimat tersebut adalah kalimat penjelas, kalimat keempat itulah sebagai kalimat utama paragrafnya.

Nomor 3

Kemampuan yang Diuji

Menentukan kritik terhadap isi bacaan

Indikator

Disajikan bacaan terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritik terhadap isi bacaan tersebut.

Soal

Klub sepak bola peserta  Liga Indonesia tidak boleh asal menempatkan seseorang dalam kursi pelatih. Jika pada musim-musim sebelumnya masih ada klub dengan pelatih yang mengantongi lisensi kepelatihan di bawah standar, kini tidak diperbolehkan lagi.  PT Liga Indonesia (PT LI) memberi batasan bahwa pelatih klub Indonesia Super League (ISL) harus berlisensi A nasional atau AFC.

Kritikan isi bacaan tersebut yang paling santun adalah …

  1. Upaya PT Liga Indonesia semestinya sudah dilakukan sejak dahulu bukan sekarang agar pelaksanaan kompetsisi berjalan aman.
  2. Kiranya, langkah PT Liga Indonesia tersebut tidak boleh ditawar-tawar lagi agar para penonton dapat semakin tertib dan terkendali.
  3. Untuk meningkatkan kualitas pelatih dan pelaksanaan Indonesia Super Liga, pelatih berlisensi AFC sudah seharusnya ditetapkan PT LI.
  4. Apa artinya pembatasan lisensi pelatih klub jika para pemainnya juga tidak diberi batasan dan aturan yang ketat?

Kunci Jawaban: c

Pembahasan

Kritikan merupakan penilaian baik kelebihan maupun kelemahan suatu karya atau produk. Yang dikritik pun dapat pula berupa kondisi. Tujuan pemberian kritik adalah agar yang dikritik dapat menjadi lebih baik. Dalam bacaan tersebut, kondisi yang dihadapi adalah belum terstandarnya pelatih klub liga Indonesia. Untuk itu, upaya yang dilakukan PT LI sangat baik dan harus segera diwujudkan dalam rangka menciptakan dan mewujudkan liga yang berkualitas. Terutama dilihat dari sisi pelatih klub.  Jawaban a tidak tepat karena hadirnya aspek keamanan. Jawaban b pun tidak tepat karena lebih memfokuskan pada aspek penonton. Sedangkan jawaban d juga tidak tepat karena ada pernyataan tentang pemain klub liga. Selain itu kalimat jawaban d juga terdapat aspek pesimis dan memandang rendah sebuah tindakan yang diambil PT LI. Ini contoh tindakan kurang santun. Untuk itu, jawaban c merupakan jawaban yang paling santun dan sesuai konteks bacaan.

Nomor 4

Kemampuan yang Diuji

Menentukan persamaan isi berita

Indikator

Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut.

Soal

Bacalah dengan saksama kedua kutipan berita berikut!

Teks 1

Kirab Budaya dalam rangkaian hari jadi kota Salatiga menjadi salah satu daya tarik wisata budaya, Dalam acara itu tercermin kerja sama, partisipasi, dan kegotongroyongan warga kota dengan pemimpin pemerintahan. Banyak anggota masyarakat yang datang dan rela berdesak-desakan di sekitar jalur rute kirab. Hal itu mencerminkan kecintaan dan penghormatan masyarakat kepada kota dan pemimpinnya.

Teks 2

Karnaval dalam rangka Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-65 berjalan meriah. Sepanjang jalan protokol jalur karnaval sudah dipadati warga masyarakat yang akan menyaksikan. Berbagai mobil hias dan pejalan kaki dari berbagai kelompok atau instansi ikut menyemarakkan karnaval. Mereka menghiasi mobil dengan berbagai aksesoris sesuai karakteristik kelompoknya. Dalam suasana panas pun, warga sangat antusias mengikuti dan menyaksikan satu demi satu peserta pawai. Mereka seakan tak menghiraukan teriknya siang itu.

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah ….

  1. kerelaan warga dan suasana  menyaksikan kirab
  2. kirab budaya dikemas sebagai  kegiatan pariwisata
  3. penyelenggara kegiatan kirab budaya atau karnaval
  4. nilai-nilai perjuangan yang tercermin dalam kirab

Kunci Jawaban: a

Pembahasan

Teks berita satu berisi gambaran pelaksanaan sebuah kirab budaya dalam rangka hari jadi sebuah kota. Teks berita kedua berisi kegiatan karnaval dalam rangka peringatan HUT RI. Keduanya mmepunyai persamaan dalam penggambaran kerelaan, partisipasi, dan suasana yang ditunjukkan warga masyarakatdalam menyaksikan kegiatan kirab/karnaval. Berdasarkan pemahaman isi berita tersebut, hal yang sama darikedua teks tersebut tercermin pada jawaban a.

Nomor 5

Kemampuan yang diuji : Menentukan perbedaan penyajian teks berita

Indikator : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebu

Soal :

Bacalah kedua berita berikut kemudian kerjakan soal no 5 !

Teks  1 Teks 2
Kanker Usus besar Mengarah ke Usia Muda

Jakarta,Kompas- Dari sekian banyak kematian akibat kanker,kanker usus besar merupakan penyebab kematian nomor dua. Angka kasus jenis kanker ini diperkirakan akan terus meningkat dan mengarah pada usia muda.

Kebiasaan Minum Susu Botol Picu Karies Gigi

Jakarta ,Kompas- Masalah gigi berlubang atau karies dialami oleh sekitar 85 persen anak usia I bawah lima tahun di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan minum susu botol pada usia akhir balita. Bila tidak segera diatasi, hal itu akan menurunkan kualitas perkembangan anak

Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah….

Teks 1 Teks 2
a. berapa, mengapa, bagaimana Apa,berapa,dimana,mengapa
b. mengapa, bagamana, berapa Berapa, apa,dimana, bagaimana
c. siapa ,apa,bagaimana, Bagaiman, apa, di mana, berapa
d. berapa,dimana,kapan Berapa,apa, dimana,kapan

Kunci Jawaban : A

PEMBAHASAN              :

Teks 1 diawali dengan pokok berita berapa  (sekian banyak ), sedangkan berita II diawali dengan pokok berita apa  ( masalah gigi…)

Nomor 6

Kemapuan yang diuji                          : Menentukan  informasi berita  sesuai adiksimba

Indikator Soal                                                 : Disajikan kutipan berita , siswa dapat menentukan

informasi  yang sesuai dengan isi kutipan berita

SOAL :

Korban kedua pembunuhan di rumah Yulianto (40) di Dusun  Kragilan  RT 2 RW 15, Pucangan , Kartosura, Sukoharjo, ditemukan sudah menjadi kerangka. Kerangka itu diyakini sebagai Sadiyo yang tinggal di Sraten, Pucanga, Kartosura. Kerangka ditemukan setelah petugas gabungan menggali tanah 80 cm sampai satu meter. Dalam penggalian yang membutuhkan waktu 2,5 jam sejak pukul 08.00 itu, petugas menemukan beberapa kerangka yang dimasukan dalam karung. Namun hanya satu saja yang teridentifikasi sebagai kerangka manusia. Jasad tersebut diyakini  bernama Sadiyo, yang berdasarkan pemeriksaan Laboratorium UNS, diperkirakan berusia 45 hingga 60 tahun. Proses evakuasi yang dilakukan oleh petugas  dengan meminta bantuan para tukang gali tanah itu menjadi perhatian ratusan warga. Polres Sukoharjo yang mengusut kasus ini melakukan  penggalian setelah ada pengakuan Yulianto. Tersangka mengaku membunuh Kopda Santoso dan Sadiyo. Hal itu dikemukakan Wakapolres Sukoharjo Kompol Endra Stiawan usai mengikuti penggalian kerangka Sadiyo.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ….

  1. Proses pembunuhan Yulianto kepada dua korban
  2. Kedua korban telah ditemukan oleh Kapolre Sukoharjo
  3. Ditemukan jasad korban pembunuhan Yulianto
  4. Ditemukan kerangka Sadiyo sebagai korban pembunuhan Oleh Yulianto

Kunci Jawaban : D

PEMBAHASAN              :

Isi berita berpedoman pada pertanyaan  ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

Kata yang dirujuk: … Kerangka itu diyakini  (kalimat kedua ).

Nomor 7

Kemampuan yang diuji                       : Menentukan simpulan isi paragraf

Indikator  Soal                                    : Disajikan sebuah paragraph, siswa dapat menentukan simpulan isi

paragraf

SOAL             :

Di era globalisasi, sumber daya manusia (SDM) yang handal merupakan satu kebutuhan yang mendasar. Upaya mendapatkan SDM handal dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain melalui penataran atau pelatihan, kursus, lokakarya, seminar, atau kegiatan yang sejenis. Namun cara yang efektif untuk menghasilkan SDM yang handal adalah melalui jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dengan waktu  efektif yang pasti.

Simpulan isi paragraf tersebut yang sesuai  adalah ….

  1. SDM yang handal dapat diupayakan melalui pelatihan dan pendidikan
  2. Jalur pendidikan dianggap efektif untuk menghasilkan SDM yang handal
  3. Di era Globalisasi SDM yang handal sangat dibutuhkan
  4. SDM yang handal menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap Negara maju maupun berkembang

Kunci Jawaban : A

PEMBAHASAN:

Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Isi teks: Sumber Daya Manusia handal  (kalimat 1); Upaya mendapatkan SDM handal……pelatihan  (kalimat 2);  melalui jalur pendidikan   (kalimat 3). Pendapat akhir: SDM yang handal dapat diupayakan melaui pelatihan dan pendidikan  (sesuai data pada kalimat 1, 2, dan 3 )

Nomor 8

Kemampuan yang diuji           : Menentukan gagasan utama tajuk

Indikator Soal                         : Disajikan kutipan tajuk terdiri atas 2 paragraf, siswa dapat

menentukan gagasan utama tajuk tersebut

SOAL             :

Bacalah kutipan tajuk  berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 8!

Acara debat calon Presiden lewat Trans TV yang diselenggarakan KPU mengundang beragam tanggapan dari  para  pemirsa. Acara yang baru pertama kali itu mendapat tanggapan dari berbagai pemirsa. Baik tanggapan positif maupun tanggapan negative.Acara debat calon Presiden dinilai positif karena membuka pintu  dan panggung demokrasi.bagi kerja demokrasi yang sentral dan strategis , yakni pemilu presiden dan wakit presiden. Kita hargai dan prakarsa dan kesempatan itu.Bukan saja praktis demokrasi yang dimulai di panggung terbuka, sekaligus juga realisasinya lewat tampilnya capres dan cawapres. Suatu prakarsa yang tepat dan menjadi bagian dari pelaksanaan demokrasi. Kita buka pintu dan prinsip serta demokrasi

Bagaimana perihal pelaksanaan acara debat capres sendiri ?Seperti kita saksikan dan kemudian kita ikuti tanggapan public, pelaksanaan debat itu belum terlaksana. Yang berlangsung pada acara debat capres itu bukan debat, bahkan juga buka dialog, melainkan monolog.Publik di lokasi maupun public di luar panggung stasiun TV menyaksikan moderator melontarkan pertanyaankepada ketiga capres dan ketiganya menjawab dengan versi msing-masing secara bergantian.

Gagasan utama paragraf pertama  tajuk tersebut adalah ….

    1. Debat capres yang diselenggarakan KPU belum berhasil
    2. Beragam tanggapan pemirsa terhadap  acara debat capres
    3. Tanggapan positif pemirsa terhadap acara debat capres
    4. Tanggapan negative pemirsa trhadap acara debat capres

Kunci Jawaban   : B

PEMBAHASAN                 :

Gagasan pokok tajuk merupakan ide (pendapat) penulis tentang fenomena hangat. Fenomena pada teks: debat Capres ( kalimat pertama ); ide (pendapat) penulis: tanggapan pemirsa positif maupun negatif  ( kalimat kedua ).

Nomor 9

Kemampuan yang Diuji            : Menentukan gagasan utama, fakta, keberpihakan penulis dan simpulan tajuk

Indikator                                   : Disajikan kutipan tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama tajuk tersebut.

Soal

Bacalah kutipan tajuk berikut:

Sudah sewajarnya TPI menang dan tidak dipailitkan. Keinginan kelompok yang ingin memailitkan TPI sangat tidak memiliki dasar uang kuat. Justru yang tertangkap pesan dari keinginan memailitkan TPI adalah bentuk kesewenang-wenangan, arogansi, dan masuk kategori kriminalisasi media yang disengaja.

Beruntung  masih  memiliki Mahkamah Agung (MA) yang menjadi palang pintu penegah terakhir. Keadilan pun akhirnya masih bisa ditegakkan. Mahkamah Agung menunjukkan bahwa media massa harus dijaga eksistensinya.

Bagaimanapun keputusan yang telah dibuat Mahkamah Agung telah menentramkan masyarakat yang bekerja di media. Khususnya para karyawan dan awak redaksi TPI. Kini mereka  merasa aman, tenang, dan dilindungi.

Gagasan utama tajuk tersebut adalah ….

a. kemenangan TPI dalam hal kepailitan

b. TPI menentramkan karyawannya

c. keinginan memailitkan TPI

d. MA memailitkan TPI

Kunci jawaban: C

Pembahasan

Jawaban yang tepat C karena gagasan utama merupakan kalimat topik yang mendasari paragraf

Nomor 10

Kemampuan yang Diuji          : Menentukan pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, dan denah.

Indikator                          : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai

dengan isi tabel tersebut.

Soal

TARGET PRODUKSI IMPOR KEDELAI NASIONAL

TAHUN 2005 – 2010

(dalam ribuan ton) 2005 2006 2007 2008 2009 2010

Kebutuhan

2.295 2.335 2.376 2.417 2.460 2.503
Produksi 1.017 923 837 915 1.010 1.126
Impor 1.277 1.412 1.558 1.902 1.450 1.376

Pernyataan yang benar sesuai isi tabel tersebut adalah ….

  1. Produksi kedelai nasional sudah mencukupi kebutuhan
  2. Kebutuhan kedelai nasional meningkat seiring volume impor
  3. Volume impor kedelai nasional selalu melebihi volume produksi
  4. Kebutuhan kedelai nasional dapat dipenuhi tanpa impor

Kunci jawaban: B

Pembahasan  : Jawaban yang paling benar B sebab  jawaban A,C, D tidak sesuai dengan isi tabel tersebut.

Nomor 11

Kemampuan yang Diuji        : Menentukan pertanyaan yang jawabannya merupakan isi grafik, tabel, bagan, dan denah.

Indikator                                 : Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pertanyaan yang

jawabannya terdapat dalam bagan tersebut.

Soal

Anggota OSIS

Pertanyaan  yang sesuai dengan  bagan tersebut adalah …

a. Bagaimana ketua OSIS bekerja sama dengan para seksinya?

b. Berapa seksikah yang menjadi tanggung jawab OSIS?

c. Mengapa bendahara dengan sekretaris sejajar?

d. Siapakah yang memilih ketua OSIS?

Kunci jawaban; B

Pembahasan: Jawaban yang tepat adalah B karena pertanyaan A,C, atau D jawabannya       tidak terdapat pada bagan tersebut.

Nomor 12

12. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan simpulan isi grafik

Indikator                           : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik

tersebut.

Soal

Pelajarilah grafik berikut!

Grafik Pengunjung Perpustakaan Iqra

Tahun 2009

Simpulan grafik tersebut yang tepat adalah …

a. Pengunjung yang paling sedikit terjadi pada bulan Juli.

b. Kenaikan yang signifikan terjadi dari bulan Januari ke Februari.

c. Jumlah pengunjung perpustakaan tahun 2009 setiap bulannya tidak sama.

d. Setiap bulan jumlah pengunjung Perpustakaan Iqra menglami penurunan yang sangat tajam.

Kunci jawaban; A

Pembahasan : Jawaban yang paling tepat adalah A  sebab simpulan yang terdapat pada

B,C, D isinya tidak sesuai dengan keadaan grafik di atas.

Nomor 13

13.  Kemampuan yang Diuji     : Menentukan penjelasan isi denah

Indikator                           : Disajikan sebuah denah, siswa dapat  menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada denah.

Soal

Cermatilah denah berikut ini!

DENAH MENUJU LOKASI JAMBORE CABANG                                                            U

LOKASI
MASJID
PASAR
JAMBORE
DARI ARAH KOTA
PUSKESMAS
POLSEK

Pernyataan yang sesuai dengan isi denah tersebut adalah….

  1. Kantor Polsek letaknya berseberangan dengan Puskesmas
  2. Dari kota menuju lokasi jambore melewati depan Puskesmas
  3. Letak lokasi jambore berseberangan dengan  masjid
  4. Letak pasar berada setelah perempatan arah dari kota           `

Kunci jawaban : B

Pembahasan

B merupakan jawaban karena apabila dari arah kota menuju lokasi jambore akan melewati depan puskesmas. A bukan jawaban karena letak polsek bersebelahan dengan puskesmas, demikian juga untuk pilihan C. Sedangkan D tidak tepat karena pasar terletak  sebelum perempatan dari arah kota.

Nomor 14

14. Kemampuan yang Diuji  : Mendeskripsikan isi denah perjalanan

Indikator                      : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pertanyaaan yang jawabannya terdapat pada grafik tersebut.

Soal

Di stadion akan digelar final pertandingan sepakbola. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, para penonton yang berkendaraan diimbau untuk memarkir kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. Dari tempat parkir, penonton dapat berjalan kaki menuju stadion. Di samping memberikan denah lokasi, panitia juga menyediakan petunjuk arah perjalanan terdekat yang dapat ditempuh dari lokasi parkir.

Petunjuk jalan terdekat yang dapat ditempuh dari tempat parkir menuju stadion berdasarkan denah tersebut adalah …

  1. Dari lokasi parkir di Jalan Hoki, Anda berjalan ke kanan. Setelah sampai di pertigaan, Anda belok kanan menyusuri Jalan Tenis. Setiba di pertigaan Taman Kota, Anda belok kiri masuk ke Jalan Renang hingga sampai di depan stadion.
  2. Dari lokasi parkir, Anda dapat berjalan ke arah barat menyusuri Jalan Hoki, lalu belok kiri. Sesampai di pertigaan Taman Kota, Anda dapat berjalan ke arah timur menuju jalan Renang hingga sampai di depan stadion.
  3. Dari lokasi parkir, Anda dapat belok kanan melewati Jalan Hoki, lalu sampai di pertigaan Jalan Tenis belok kanan, belok kiri ke Jalan Basket, lalu belok kenan menuju Jalan Bola sampai pertigaan Jalan Renang belok kanan.
  4. Dari tempat parkir, Anda masuk Jalan Hoki lalu sampai di pertigaan belok ke utara melewati Jalan Tenis. Sesampai di jalan Renang, Anda dapat belok ke barat sehingga perjalanan Anda sampai di depan stadion.

Kunci jawaban: A

Pembahasan

Jawaban A merupakan jawaban yang tepat, karena jalan yang ditempuh paling dekat.

Nomor 15

15. Kemampuan yang Diuji  : Menentukan tema, citraan, suasana, nada, dan misi puisi

Indikator                      : Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut

Soal

Cermati teks puisi berikut

Ombak memecah di tepi pantai

Angin berhembus lemah-lembut

Puncak kelapa melambai-lambai

Di ruang angkasa awan bergelut

Burung terbang melayang

Serunai berseru adikku sayang

Pelikan bernyanyi berimbang-imbang

Tema teks puisi di atas adalah ….

a.  kesunyian

b.  kelembutan

c.  kemesraan

d.  kedamaian

Kunci jawaban:  D

Pembahasan

Jawaban yang tepat D karena menggunakan pilihan kata yang dapat mendamaikan hati misal: ombak, lembut, melambai, melayang, bernyanyi.

Nomor 16

16. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan majas dalam puisi

Indikator                    : Disajikan kutipan puisi, siswa dapat menentukan majas pada puisi  tersebut

Soal

Rembulan

Rembulan

Kau berjalan di atas Bumi Pertiwi

Dengan sinar keagungan

Walau sesaat kita bertemu

Di malam hari

. . . .

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….

  1. Dia bermanfaat sekali
  2. Rembulan menyinari bumi
  3. Cahayanya bersinar terang
  4. Engkau tersenyum padaku

Kunci jawaban: D

Pembahasan

D merupakan jawaban yaitu majas personifikasi, rembulan tersenyum seolah-olah seperti manusia.

Nomor 17

17. Kemampuan Yang diuji    : Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, tahapan alur dalam cerpen

Indikator                              : Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan latar cerpen tersebut.

Soal                                     :

Pagi hari berhambur cuaca nan cerah matahari menerobos kios-kios pasar. Tanpa sengaja aku kepergok Sri. Aku kikuk. Tak menyangka kalau Sri yang setahun tidak bertemu lantaran aku sibuk kuliah di kota, toh bertemu juga. Sri bendoyotan dengan belanja di tangan. Mau naik dokar barangkali.

Latar waktu dan tempat cuplikan cerpen tersebuta adalah ….

  1. Pagi yang cerah di depan pasar
  2. Pagi yang cerah di parkiran dokar
  3. Pagi yang cerah di dalam kios pasar
  4. Pagi yang cerah di depan warung sate

Kunci        : a

Pembahasan:

Latar dan tempat pada cuplikan cerpen tersebut adalah pada pagi hari yang cerah di depan pasar. Bukti pendukung terdapat pada kalimat : Pagi hari berhambur cuaca nan cerah matahari menerobos kios-kios pasar.

Nomor 18

18. Kemampuan Yang diuji    : Menentukan bukti watak, latar, tahapan alur cerpen

Indikator                              : Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut.

Soal

Bacalah cuplikan cerpen berikut ini!

(1) Hari berikutnya Mahmud menceritakan apa yang dialaminya dengan Tuan Ragab prihal tas hitam kumal itu pada sahabat karibnya Ramhi. Dan Ramhi menanggapinya dengan emosi.

”Emang, sewa kamarmu sudah kaulunasi?”

”Belum.” Jawab Mahmud.

(2) ”Kau sungguh bodoh! Sok suci! Sok ikhlas! Miskin tapi sok kaya! Apa sih beratnya menerima tanda terima kasih. Mungkin itu bisa jadi modal kamu usaha. Kamu itu sungguh manusia aneh. Bayar sewa kamar saja nunggak berbulan-bulan tapi sok malaikat. Sok tidak butuh uang. Dasar kolot, tolol, bahlul, primitif! Sini berikan kartu namanya biar aku cari Tuan Ragab itu dan aku ambilkan bagianmu.”

Mahmud menggelengkan kepala.

(3) ”Kenapa tidak?!” Sengit Ramhi.

”Lelaki sejati tidak akan menjilat ludahnya!”

”Bah! Dasar primitif kolot! Jika kau masih mempertahankan kekolotan prinsip-prinsipmu di era global seperti ini, kau tidak akan survive! Kau akan binasa terlindas realitas!”

(4) ”Allah bersama orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Dengan muka kesal Ramhi meninggalkan Mahmud sambil bergumam,

”Semoga kau dapat petunjuk wahai manusia lugu yang kolot!”

Bukti bahwa Mahmud seorang yang kuat imannya terdapat pada pernyataan tokoh pada nomor….

  1. (1)
  1. (2)
  2. (3)
  3. (4)

Kunci : d

Pembahasan: Makmud seorang yang kuat imannya karena dia tidak mau menerima uang sebagai rasa terima kasih meskipun dirinya miskin. Mahmud yakin bahwa Allah bersama orang-orang yang bertawakal.

Nomor 19

Kemampuan Yang diuji    : Menentukan watak, latar, sudut pandang pengarang, tahapan alur dalam cerpen

Indikator                              : Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan cara mengetahui watak tokoh dalam cerpen tersebut.

Soal                                     :

Sakerah adalah salah satu prajurit yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya. Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.

Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh dapat diketahui melalui ….

  1. Penuturan tokoh
  2. Tanggapan tokoh lain
  3. Penjelasan pengarang
  4. Penggambaran fisik/ tubuh

Kunci  : c

Pembahasan: Pembaca dapat mengetahui watak tokoh dari penjelasan pengarang

Nomor 20

Kemampuan Yang diuji    : Menentukan perbedaan tema, latar, sudut pandang, konflik novel.

Indikator                              : Disajikan dua kutipan novel siswa dapat menentukan perbedaan tema novel tersebut.

Soal                                     :

Bacalah kutipan novel berikut ini!

Novel (1)

Para pedagang yang kehilangan los, lalu pergi ke pasar lama di seberang. Kembali ke pasar lama! Mereka tidak mau kena perkara. Cari tempat lain, kalau tidak suka urusan. Tidak seorang pun tahu. Tentu malam-malam hal itu terjadi. Paijo berdiri keheranan pula. Ia melihat orang berjalan dengan dagangan ke pasar lama. Bagaimana los pasar bisa terobrak-abrik macam itu? Gedeg-gedeg berantakan di tanah. Bambunya menyelonong ke mana-mana.

Novel (1)

Lelaki buta itu kemudian mencoba naik kembali ke jalan. Anak-anak itu membantunya dengan menarik tangan Lek War. Kali ini ia tidak menolak bantuan tersebut. Anak-anak juga membantu mengambilkan sandal jepitnya dan memasangkan di kakinya. Ia mulai tampak menggigil kedinginan karena hampir seluruh tubuhnya basah. Untung selokan itu tidak berisi air comberan, tapi air irigasi untuk mengairi puluhan petak sawah di sebelah selatan kampung itu.

Perbedaan tema pada cuplikan novel tersebut adalah

Novel (1) memiliki tema Novel (2) memiliki tema
a. Pedagang yang kehilangan los karena kebakaran Anak-anak membantu lelaki tuna rungu yang terperosok di saluran irigasi.
b. Anak-anak yang membantu lelaki tuna daksa Anak-anak membantu lelaki tuna netra yang terperosok di saluran irigasi.
c. Pedagang yang kehilangan los karena ada bencana alam Anak-anak membantu lelaki tuna wicara yang terperosok di saluran irigasi.
d. Pedagang yang kehilangan los karena akan diperbaiki Anak-anak membantu lelaki tuna daksa yang terperosok di saluran irigasi.

Kunci: b

Pembahasan    :  Tema novel adalah hal yang menjadi pokok pembicaraan atau pokok permasalahan dalam novel. Tema novel (1) adalah Pedagang yang kehilangan los karena digusur dan tema novel (2) adalah

21    Kemampuan yang diuji : Menentukan perbedaan sudut pandang pengarang dalam novel

Indikator soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan bukti

sudut pandang novel tersebut

Soal :

Kutipan I

Difa pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berpikir, Yanto telah salah menilai Abah. Abah itu ramah, meski di sekitar pipinya ditumbuhi bulu-bulu yang sudah memutih. Abah mirip seperti sinterklas di film kartun. Apalagi perutnya yang buncit dan berguncang saat ia tertawa. Cara berjalan Abah sdikit lambat karena usianya sudah lanjut. Namun badannya tampak tegap.

Kutipan II

Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus. Mengapa dia tidak mau berpikir sendiri? Buka ensiklopedi kek, jadi tidak tanya terus. Dan bencinya lagi, Mama selalu membela dia.

“Kevin, jawab dong, kalau adikmu tanya. Adikmu masih kecil, dia masih ingin tahu segala hal. Kamu dulu juga begitu kok.”

Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah …

Pil. Kutipan I Kutipan II
a. Sudut pandang orang pertama Sudut pandang orang ketiga
b. Sudut pandang diaan Sudut pandang akuan
c. Sudut pandang oorang ketiga Sudut pandang orang kedua
d. Sudut pandang diaan Sudut pandang orang ketiga

Kunci jawaban : B

Pembahasan : Sudut pandang dalam novel ada dua yaitu sudut pandang orang pertama (akuan) pelaku menggunakan kata ganti pertama (aku) dan sudut pandang orang ketiga (diaan) pelaku menggunakan kata nama orang atau menggunakan kata ganti orang ketiga.

Nomor 22

Kemampuan yang diuji     : Menentukan bukti latar dan watak tokoh novel.

Indikator                           : Disajkan dua kutipan novel, siswa dapat menetukan perbedaan

bukti latar (waktu,tempat,suasana) novel tersebut.

Soal

Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu merupakan pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.

“Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?”, Gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”

Bukti bahwa peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah …

  1. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin.
  2. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam.
  3. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar.
  4. Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.

Kunci jawaban : C

Latar waktu yang menunjukkan waktu malam hari pada kuitipan novel diatas ditunjukkan dengan dengan adanya kata-kata lampu tidur dan lampu bersar. Sebab lampu akan dinyalakan pada saat malam tiba.

Nomor 23

Kemampuan yang diuji     : Menentukan watak tokoh, latar, suasana drama dan buktinya

Indikator soal                    : Disajikan kutipan naskan drama, siswa dapat menentukan latar/

bukti latar drama tersebut.

Soal : Kutipan drama berikut untuk soal nomor 23 dan 24!

Brilian : Sekarang serahkan hp kalian,   kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi    masuk)

Dimi    : ka…kami tidak bawa hape

Brilian : Periksa kantongnya!!

Timmy : Oce de (memeriksa kantong)

Markus  : Ada gak? Tapi ngomong-ngomong, tempat ini aman ga? Tempat apa ne?

Timmy : Bekas menyimpan perkakas. Hey, Ini dia hapenya! N.95 lagi! Telpon orang tuanya!  Suruh mereka bayar 1 milyar untuk 1 anak

Markus : Siap Bos… Berapa nomornya Hey anak? (seraya memperketat ikatan tangan Dimi)

Dimi    : 08181234567

Suasana kutipan drama tersebut adalah …

a.tegang

b.santai

c.sedih

d.takut

Kunci Jawaban :  A

Pambahasan : Drama di atas menggambarkan peristiwa penculikan terhadap seorang anak yang menutut adanya tebusan. Peristiwa penculikan pasti hal yang menegangkan.

Nomor 24

Kemampuan yang diuji      : Menentukan koflik dan amanat serta buktinya

Indikator                            : Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan

amanat drama tersebut .

Soal  ;

Amanat kutipan drama di atas adalah …

  1. Anak-anak hendaknya tidak membawa hp bila bepergian.
  2. Kita  hendaknya selalu waspada terhadap tindak penculikan anak.
  3. Jangan membiarkan anak-anak bepergian tanpa didampingi orang dewasa.
  4. Orang kaya harus waspada tehadap anak-anaknya.

Kunci jawaban : A

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan pengararang kepada pembaca. Kutipan drama di atas menggambarkan peristiwa penculikan anak yang moitfnya meminta tebusan uang. Oleh karena itu, kita semua harus hati-hati dan waspada terhadap tindak penculikan.

Standar`Kompetensi Lulusan ( untuk soal nomor 25 sampai dengan 60 )

Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama

Nomor 25

Kemampuan yang diuji           : Menentukan catatan buku harian berdasarkan konteks

Indikator                                 : Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan   kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut

Soal

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1430 H, sekolah Rizal melaksanakan kegiatan penyembelihan kambing kurban. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 27 November 2009. Pada saat kambing akan disembelih, kambing tersebut lepas. Berkat kesigapan Rizal, kambing itu pun berhasil ditangkap.

Catatan buku harian Rizal  yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….

a.      Jumat, 27 November 2009.  Aku bersyukur karena Rizal  berhasil menangkap kambing kurban yang lepas. Kegitan memperingati Hari Raya Idul Adha  1430 pun berkesan gara-gara kambing yang akan disembelih lepas.

b.     Jumat, 27 November 2009. Aku terkejut saat kambing yang akan disembelih lepas. Terima kasih YA llah aku berhasil menangkap kambing itu kembali sehingga kegiatan memperingati hari Raya Idul Adha 1430 pun berjalan sukses.

c.     Jumat, 27 November 2009. Aku terkejut saat kambing yang akan disembelih lepas.Berkat kesigapan Rizal kambing itu pun berhasil ditangkap sehingga kegiatan memperingati hari Raya Idul Adha 1430 berjalan sukses.

d.     Jumat, 27 November 2009. Aku terkejut saat kambing yang akan disembelih lepas. Terima kasih Ya  Allah temanku berhasil menangkap kambing itu kembali sehingga kegiatan memperingati hari Raya Idul Adha 1430 berjalan sukses.

Kunci jawaban                        : B

Pembahasan: Buku harian adalah buku yang berisi catatan pribadi dari seseorang tentang hal yang dialami atau di lihat. Catatan harian yang sesuai dengan ilustrasi adalah: Jumat, 27 November 2009. Aku terkejut saat kambing yang akan disembelih lepas. Terima kasih YA llah aku berhasil menangkap kambing itu kembali sehingga kegiatan memperingati hari Raya Idul Adha 1430 pun berjalan sukses.

Nomor 26

Kompetensi Dasar                   :  Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Kemampuan yang diuji           : Memperbaiki catatan buku harian

Indikator                                 : Disajikan catatan harian yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan tepat

Soal                                         :

Pada masa orientasi siswa, aku melanggar tata tertib. aku diberi sanksi agar meminta tanda tangan seluruh panitia. …. bagaimana kalau sampai orang tuaku dengar ya? Malu aku.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi buku harian tersebut adalah….

  1. Aku kapok tidak akan melanggar tata tertib lagi.
  2. Untung aku berani sehingga mudah dapat tanda tangan.
  3. Ach kecil, hanya tanda tangan ini. Bisa dipalsu.
  4. Keterlaluan memang panitia. Ach, biarin aja.

Kunci jawaban                        : A

Pembahasan:  Kalimat yang tepat untuk melengkapi buku harian tersebut adalah : aku kapok tidak akan melanggar tata tertib lagi.

Nomor 27

Kemampuan yang diuji           : Melengkapi catatan buku harian

Indikator                                 : Disajikan catatan harian yang urutannya tidak tepat , siswa dapat

menentukan urutan yang tepat.

Soal                                         :

(1) aku dihukum bu guru

(2) Jam bekerku pagi ini tidak berbunyi

(3) Aku datang terlambat

(4) Aku terlambat datang

(5) Aku naik bus penuh sesak

(6) nasib sial menimpa diriku

Urutan catatan buku harian yang tepat adalah….

  1. 2-4-3-5-1-6
  2. 2-4-5-3-6-1
  3. 6-2-3-4-5-1
  4. 6-2-4-5-3-1

Kunci jawaban                        : D

Pembahasan:  Urutan catatan buku harian yang tepat adalah 6-2-4-5-3-1

Nomor 28

Kompetensi Dasar                   :  Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks

Kemampuan yang diuji           : Melengkapi pesan singkat

Indikator                                 : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrsai tersebut

Soal                                         :

Ketua OSIS tidak bisa memimpin rapat persiapan pelaksanaan bazar buku di sekolah karena harus memenuhi undangan PMI dalam rangka penanggulangan narkoba. Untuk itu, ia menugaskan wakil ketua  OSIS untuk menggantikannya memimpin rapat tersebut. Ia kemudian menulis memo.

Kalimat memo yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….

  1. Tolong wakili saya menghadiri rapat penanggulangan narkoba. Saya ada rapat OSIS
  2. Harap menghadiri rapat OSIS. Saya akan menghadiri rapat penanggulangan narkoba.
  3. Mohon gantikan saya memimpin rapat persiapan bazar. Saya menghadiri undangan PMI
    1. Segera menghadiri rapat PMI. Saya akan memimpin rapat persiapan bazar

Kunci jawaban                        : C

Nomor 29

Kompetensi Dasar                   :  Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks

Kemampuan yang diuji           : Menentukan isi pesan singkat berdasarkan  konteks

Indikator                                 : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan penulisan pesan sesuai ilustrasi tersebut

Soal                                         :

Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru. Undangan itu ditujukan kepada staf dan guru.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A. Buat laporan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan  guru.

  1. Segera buat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru, untuk staf dan guru.
  2. Buat daftar hadir rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf dan  guru.
  3. Rapat pembentukan panitia siswa baru untuk staf dan guru segera dilaksanakan.

KUNCI JAWABAN  : B

Nomor 30

Kompetensi Dasar                   :  Menulis/menentukan paragrap laporan

Kemampuan yang diuji           : Menentukan susunan kalimat laporan

Indikator                                 : Disajikan lima kalimat laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi paragraf yang padu

Soal                                         :

(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.

(2)   Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.

(3)   Kesempatan yang baik itu, kami abadikan.

(4)   Pendakian itu kami lakukan, saat liburan kenaikan kelas.

(5)   Maklum baru pertama kali, di sana kami melihat hujan salju.

(6)   Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.

Urutan kalimat laporan  yang tepat adalah …

  1. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
  2. (4), (3), (2), (5), (2), (1)
  3. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
  4. (4), (3), (2), (6), (5), (1)

KUNCI JAWABAN  : C

Nomor            31

31. Kemampuan yang diuji : Menentukan judul laporan

Indikator : Disajikan data sebuah laporan, siswa dapat menentukan paragraf  laporan yang sesuai.

Soal :

Kegiatan                            : Kirab Batik Solo Raya 2009

Tempat                              : Solo Grand Mall -  Balai Kota Surakarta

Waktu                               : 2 Oktober 2009

Alasan penyelenggaraan   : Memperingati hari Batik  Nasional                                                      Panitia                            : Pemerintah Kota Surakarta

Peserta                               : Perwakilan pelajar SMP dan pelajar SMU se-Surakarta

Keterangan                        : – Banyak diberikan doorprice

- Jarak tempuh sekitar 6 km

Laporan yang paling sesuai berdasarkan data-data tersebut adalah ….

  1. Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan Kirab Batik Solo Raya 2009, dari Solo Grand Mall sampai Balai Kota Surakarta pada hari  Jumat tanggal 2 Oktober 2009. Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional dan diberikan banyak doorprice kepada peserta yang menempuh jarak sekitar 6 km
  2. Selama satu hari, yaitu Jumat (2/10) Pemerintah Kota Surakarta memperingati hari Batik Nasional. Semua perwakilan pelajar SMP dan SMU se-Surakarta mengikuti acara Kirab Batik Solo Raya 2009. Doorprice juga diberikan kepada peserta yang beruntung. Rutenya adalah 6 km, mulai dari Solo Grand Mall sampai Balai Kota Surakarta
  3. Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka memperingati hari Batik Nasional mengadakan acara Kirab Batik Solo Raya 2009 bersama perwakilan pelajar SMP dan SMU se-Surakarta menempuh jarak 6 km, mulai dari Solo Grand Mall sampai Balai Kota Surakarta. Di akhir acara tersebut dibagikan doorprice kepada para peserta yang beruntung
  4. Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Kirab Batik Solo Raya 2009. Kegiatan tersebut menempuh rute sejauh 6 km, dimulai dari Solo Grand Mall sampai Balai Kota Surakarta. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 2 Oktober 2009 tersebut diikuti oleh perwakilan pelajar SMP dan SMU se-Surakarta. Pada akhir kegiatan dibagikan doorprice kepada peserta yang beruntung.

Kunci: B

Pembahasan

Nomor 32

32. Kemampuan yang diuji : Menentukan kalimat laporan berdasarkan konteks.

Indikator : Disajikan kalimat laporan secara acak, siswa  menentukan urutan kalimat laporan menjadi paragraf laporan yang padu.

Soal :

Perhatikan kalimat laporan kegiatan berikut!

(1) Dengan melibatkan banyak orang tersebut kegiatan dapat terlaksana meriah

(2) Berdasarkan hal tersebut, OSIS SMP N 24 Surakarta mengadakan lomba lari jarak jauh atau marathon

(3) Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, Pemerintah kota Surakarta mengaharapkan adanya kegiatan yang positif

(4) Kegiatan itu banyak di ikuti oleh banyak orang

Urutan kalimat laporan yang sistematis agar menjadi paragraph laporan yang padu adalah ….

  1. 3-4-1-2
  2. 1-2-3-4
  3. 2-3-4-1
  4. 4-3-2-1

Kunci; A

33. Kemampuan yang diuji : Melengkapi surat pribadi

Indikator : Disajikan kutipan surat pribadi  yang dirumpangkan bagian pembukanya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal :

Assalamu ‘alaikum wr. Wb.

….

Sebelumnya Ananda mohon maaf  karena baru bisa menulis surat . Sejak dua bulan terakhir ini , Ananda disibukkan dengan berbagai ujian di sekolah . Dua minggu lagi Ananda baru selesai menempuh ujian semester. Ananda mohon doa restu agar Ananda lulus semua  dalam menempuh ujian semster ini.

Wassalam wr. Wb.

Kalimat  yang tepat untuk mengisi bagian pembuka surat pribadi di atas adalah ….

  1. Melalui surat ini Ananda  mengabarkan bahwa keadaan kakak dalam keadaan sehat-sehat saja. Mudah-mudahan Ayahnda di Jakarta demikian halnya
  2. Bersama surat ini Kakanda mengabarkan bahwa keadaan Kakanda di kampung dalam keadaan sehat-sehat saja
  3. Dengan surat ini Ananda khabarkan bahwa keadaan keluarga semuanya dalam lindungan Tuhan.
  4. Bersama surat ini Ananda mengabarkan bahwa keadaan Ananda sehat wal afiat. Mudah-mudahan Ayahnda di Jakarta demikian halnya.

Kunci Jawaban            :   C

Nomor:   34

Kemampuan

Yang diuji           :    Menulis/melengkapi surat pribadi

Indikator        :    Disajikan kutipan surat pribadi,  siswa dapat menentukan balasan yang  tepat terhadap surat tersebut.

Soal                    :     Sahabatku

Adinda

Eh, ngomong-ngomong kok suratku yang kemarin tidak kamu balas, lagi sibuk ya? Aku juga sibuk nih. Banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan, tetapi aku sempatkan menulis surat buatmu demi kelancaran silaturahmi kita. Makanya, aku ingin kamu membalas suratku ini!

Dari

Ikhtiari

Balasan surat yang paling tepat untuk surat tersebut adalah …

  1. Terima kasih atas balasan suratmu. Maaf aku sibuk, jangan mengganggu kegiatanku, karena waktu bagiku adalah uang.
  2. Membalas surat  Anda dalam penawaran produk terbaru membuat saya tertarik untuk segera mendapatkannya. Segera kirimkan barang-barang berikut ini ke alamat saya. Pembayaran dilakukan setelah barang-barang saya terima.
  3. Sudah dulu ya, jangan lupa sisihkan waktu tuk balas suratku, aku masih selalu mengingatmu  di setiap saat. Jangan pernah putuskan tali silaturahmi yang kita bina selama ini. Terima kasih.
  4. Hai, Ikhti. Maaf, aku baru sempat membalas suratmu. Ibuku baru saja diopname di RS selama sebulan, jadi aku yang menunggunya. Pastinya silaturahmi harus selalu kita jaga.

Kunci Jawaban            :   D

Pembahasan    :

Nomor:   35

Kemampuan

Yang diuji           :    Menulis/melengkapi surat resmi

Indikator        :    Disajikan kutipan surat resmi yang bagian alamatnya dirumpangkan,  siswa dapat melengkapinya.

Soal                    :

Perhatikan surat berikut !

ORGANISASI MUDA-MUDI “MIKASA”

Alamat : Jalan Ronggo Warsito 5 , Wonosari, Trucuk, Klaten

Nomor :  008/MKS/2009 23 Januari 20009
Perihal :  Undangan
………
………
Assalamualaikum Wr.Wb.,

Kami mengharap kehadiran Saudara pada,

hari, tanggal  :  Senin,  26 Januari 2009

waktu            :  Pkl. 19.30

tempat           :  Balai Kampung Dk.Gedongan Lor, Wonosari, Trucuk.

Atas kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Hormat saya,

Ketua,

Pakaryo Buang

Penulisan alamat surat yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah…

  1. Yth. Saudara Agus

di tempat

  1. Kepada

Yth. Sdr. Agus

Gedongan Lor, 01/05 Wonosari

Trucuk

  1. Yth. Sdr. Agus

Gedongan Lor 01/05, Wonosari, Trucuk

  1. Yth: Sdr. Agus

d.a. Gedongan Lor 01/05, Wonosari, Trucuk

Kunci Jawaban            :   C

Pembahasan     :   Alamat surat resmi yang benar tidak menggunakan kata kepada, setelah Yth diberi tanda titik (.), diakhir alamat tidak diakhiri tanda apapun

Nomor:   36

Kemampuan

Yang diuji           :    Menulis/melengkapi surat resmi

Indikator        :    Disajikan kutipan surat resmi yang bagiannya (pembuka, isi, penutup, alamat, tanggal surat) tidak tepat,  siswa dapat menentukan perbaikannya dengan tepat.

Soal                    :

Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 29 dan 30!

DINAS PENDIDIKAN DASAR

SMP Tunas Muda Harapan Bangsa

Jalan Delman Utama Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Nomor: 11/SMP.T/G/08                                          (1) Jakarta, 8 Februari 2008

Hal     :  Undangan

Yth. Bapak/Ibu Wali Murid Kelas IX

SMP Tunas Muda Harapan Bangsa

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional 2007/2008, kami  mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada

hari,tanggal       :  Jumat , 8 Februari  2008

waktu                 :   Pukul 08.00

tempat               :   Ruang Aula  SMP Tunas

acara             :  Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Nasional

Perbaikan bagian surat pada nomor (1) surat tersebut adalah …

  1. Jakarta, 8 Pebruari 2008.
  2. Jakarta, 8 – 2 – 2008
  3. 8 Februari 2008
  4. 8 Pebruari 2008

Kunci Jawaban            :   C

Nomor 37

Kemampuan yang diuji  : menulis/melengkapi surat resmi

Indikator  :  Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut.

Soal  :

Pengurus OSIS SMP Harapan mengadakan studi banding ke OSIS SMP N 4 Palangkaraya  pada minggu yang lalu. Mereka diterima dengan baik dan mendapatkan hasil sesuai harapan, dan mereka akan berkirim surat ke SMP N 4 Palangkaraya.

Bunyi isi surat yang tepat adalah ….

  1. Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan pelayanan Saudara. Kami berharap selanjutnya tetap terjalin hubungan yang baik.
  2. Kami ucapkan terima kasih atas sambutan dan pelayanan Saudara dan kami mohon maaf, selanjutnya Saudara harus melakukan kunjungan balasan.
  3. Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan bimbingan  Saudara. Kami berharap Saudara tetap bersedia membantu dan membimbing kami.
  4. Kami keluarga besar OSIS SMP Harapan mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf atas semua kesalahan kami selama ini.

Kunci Jawaban  : a

Pembahasan  : Isi surat yang tepat adalah ucapan terima kasih dan harapan kepada pihak lain karena telah dibantu, tanpa ada unsur untuk memaksa kepada pihak lain.

Nomor 38

Kemampuan yang diuji  : menulis/menentukan rangkuman

Indikator  :  Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua atau tiga paragraf, siswa dapat menentukan  rangkuman bacaan tersebut.

Soal  :

Tanah air kita termasyhur akan keindahannya. Alam Indonesia terdiri dari genangan air dan ribuan pulau. Pepohonan yang indah, kembang-kembang cantik berbagai warna, akar dan rotan yang membelit pada pepohonan, kupu-kupu dan serangga yang mengitari tumbuhan memberikan ilham kepada rakyat Indonesia untuk menciptakan keindahan serupa.

Para seniman melukiskan keindahan alam Indonesia dalam bentuk ukiran dan lukisan. Ukiran ini mereka buat di atas benda keras maupun lunak. Di atas benda keras mereka memahatkan atau mencungkilkan ukiran-ukiran itu. Di atas benda lunak misalnya pada kain mereka membatik.

Rangkuman kedua paragraf di atas yang tepat adalah ….

  1. Seniman banyak yang mengambil tema keindahan alam dalam menciptakan karyanya.
  2. Keindahan alam Indonesia menjadi ilham bagi para seniman dalam menciptakan karyanya.
  3. Seniman mengekspresikan karyanya pada benda keras dan benda lunak berupa ukiran dan batik
  4. Tanah air kita kaya akan keindahan termasuk di dalamnya keindahan alam dan hasil karya seniman.

Kunci Jawaban  : b

Pembahasan   :

Yang dibahas dalam paragraf di atas adalah para seniman yang mengekspresikan keindahan alam Indonesia ke dalam bentuk ukiran dan lukisan, bukan masalah keindahan alam yang dibahas.

Nomor 39

Kemampuan yang diuji  : menulis/menentukan slogan

Indikator  :  Disajikan kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Soal  :

Menjelang ujian nasional, sekolah mulai sibuk. Sekolah memberikan pelajaran tambahan. Bahkan tiada hari tanpa belajar baik di sekolah maupun di rumah. Semua dilakukan agar sukses dalam menempuh ujian nasional.

Slogan yang sesuai dengan situasi di atas adalah ….

a.   Rajin-rajinlah engkau belajar

b.   Sebaiknya kita selalu belajar

c.   Belajar kunci keberhasilan

d.   Belajarlah agar selalu pandai

kunci Jawaban : c

Pembahasan  : Slogan merupakan kalimat pendek yang mudah diingat tanpa ada unsur untuk memerintah orang lain. Pada pilihan di atas hanya ada satu pilihan yang isinya tidak menghimbau atau memerintah.

Nomor 40

Kemampuan yang diuji  : menulis/menentukan slogan

Indikator  :  Disajikan slogan yang pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

Soal :

Berantaslah antrak agar anak bangsa selamat

Pembetulan slogan di atas yang tepat adalah ….

  1. Memberantas antrak merupakan kewajiban kita bersama.
  2. Berantaslah antrak sampai seakar-akarnya.
  3. Jagalah kesehatan diri dengan memberantas antrak.
  4. Memberantas antrak menyelamatkan anak bangsa.

Kunci Jawaban  : d

Pembahasan  : Slogan merupakan kalimat pendek yang mudah diingat tanpa ada unsur untuk memerintah atau memaksa orang lain.

Pembahasan    :  Tanggal surat resmi tidak menggunakan nama kota, karena sudah ada kepala surat. Bulan Februari bukan Pebruari atau diganti angka 2.

Nomor 41

41. Kemampuan Yang diuji    : Menulis atau melengkapi petunjuk melakukan sesuatu

Indikator                              : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat

Soal                                     :

Berikut ini langkah-langkah pembuatan telor asin secara acak

1)      telor dimasukkan ke dalam batu bata yang sudah dihaluskan dan dicampur garam

2)      Telor dibersihkan

3)      Telor direbus

4)      Delapan hari kemudian telor diangkat dan dicuci.

Langkah-langkah yang benar pembuatan telor asin adalh

  1. 2-1-4-3
  2. 3-1-2-4
  3. 1-4-2-3
  4. 1-2-3-4

Kunci: A

Nomor 42

42 Kemampuan Yang diuji    : Menulis teks pidato

Indikator                              : Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian pembuka, isi, atau penutup siswa dapat melengkapi dengan tepat

Soal                                     : Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini…. wassalamu’alaikum wr.wb.

Untuk melengkapi kalimat rumpang di atas yang tepat adalah….

  1. Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses
  2. Mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan
  3. Saya sebagai manusia biasa banyak kekurangan
  4. Tiada gading yang tak retak, ini kami yang sebenarnya

Kunci: C

Nomor 43

43. Kemampuan Yang diuji    : Menentukan bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato

Indikator                              : Disajikan dua ilustrasi sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian pembuka, isi, atau penutup

Soal:

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan berbagai kenikmatan taufiq, hidayah, dan inayahnya sehingga kita dapat berkumpul di majlis yang mulia ini.

Petikan pidato di atas merupakan….

  1. a.         isi pidato
    1. b.            penutup pidato
    2. c.            pembuka pidato
    3. d.            simpulan pidato

Kunci  : C

Nomor 44

44. Kemampuan Yang diuji    : Menyunting teks pidato

Indikator                              : Disajikan teks pidato yang struktur kalimatnya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan.

Soal:

Mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 21 00 maka acara akan segera dimulai.

Perbaikan kalimat di atas, yang tepat adalah….

  1. mengingat waktu sudah pukul 21.00 maka acara akan segera dimulai
  2. mengingat sudah pukul 21.00 mak acara akan segera dimulai
  3. karena sudah pukul 21. 00 acara akan dimulai
  4. berhubung waktu sudah pukul 21.00 maka acara akan segera dimulai.

Kunci: C

Pembahasan:

Nomor 45

Kemampuan yang Diuji         :     Menulis/menentukan isi teks pidato berdasarkan ilustrasi

Indikator Soal                        :     Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang tepat

SOAL                                     :

Dalam acara penglepasan siswa SMP Cempaka, Ahmad memberikan pidato sambutan mewakili siswa Kelas VII dan VIII.

Bagian isi pidato Ahmad yang tepat adalah …

  1. Pertahankan prestasi kalian, agar orang tua kalian semakin bangga. Harapan saya, kalian lebih sukses pada masa mendatang.
  2. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
  3. Berjuanglah terus sampai titik darah penghabisan. Seperti kata bijak, di mana ada kemauan, pasti  ada jalan kesuksesan.
  4. Kami mengucapkan selamat dan sukses  untuk Kakak. Semoga di jenjang yang lebih tinggi, Kakak lebih sukses.

KUNCI JAWABAN      : d

PEMBAHASAN                        :

Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.

Kata kunci       :           pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang  disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

Nomor 46

Kemampuan yang Diuji         :     Menulis/melengkapi kutipan pidato

Indikator Soal                        :     Disajikan teks pidato yang struktur kalimatnya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya.

SOAL                                       :

Terus terang, pagi ini kami sangat senang dan bahagia. Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya adalah cita-cita kami.

Dalam kesempatan ini kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada ibu dan bapak guru yang telah membimbing kami. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa membalas jasa ibu dan bapak guru.

Kami sadar bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering berbuat kesalahan. Oleh karena itu, apabila terdapat kesalahan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian pula untuk adik-adik kelas VII dan VIII, kami minta maaf atas semua kesalahan kami selama bergaul dan bermain bersama.

Pembetulan kalimat bercetak miring yang tepat  adalah…

  1. Oleh karena itu, kami mohon maaf.
  2. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
  3. Apabila kami salah, kami mohon maaf.
  4. Oleh karena itu, maafkan kami yang tulus.

KUNCI JAWABAN        :  a

PEMBAHASAN              :

Permohonan maaf tidak dapat diukur besarnya, sehingga tanpa kata sebesar-besarnya. Kalimat yang tepat cukup dengan memohon maaf.

Nomor 47

Kemampuan yang diuji  : menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)

Indikator  :  Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema.

SOAL                                              :

Tema: Meningkatkan  prestasi belajar

Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah…

  1. Siapa sajakah yang prestasi  belajarnya meningkat?
  2. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?
  3. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?
  4. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi?

KUNCI JAWABAN        : c

PEMBAHASAN              :

Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam ilmiah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.

Kata kunci            :           kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa, apakah…dll)

Nomor 48

Kemampuan yang diuji  : menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)

Indikator  :  Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraph latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut.

SOAL                                        :

Identifikasi masalah:

  1. Apakah sampah dapat dimanfaatkan?
  2. Bagaimana pengelolaan sampah agar bermanfaat?

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah …

  1. Sampah selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah akan bermanfaat bagi manusia.  Bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah ini.
  2. Sampah   yang dikelola dengan baik menjadi salah satu alternatif pengganti minyak bumi yang kian menipis. Mari kita manfaatkan sampah di sekeliling kita sebaik-baiknya. Karena sampah jika dikelola dengan baik akan memberi keuntungan.
  3. Sampah dibedakan menjadi dua. Sampah basah dan sampah kering. Sampah basah adalah sampah yang  berasal dari limbah rumah tangga. Sedangkan contoh sampah kering adalah sampah yang berupa plastik, kertas, dan bekas kemasan.
  4. Berdasarkan hasil penelitian, sampah yang selama ini dianggap menjijikkan ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti minyak tanah. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan dan kelola sampah secara maksimal dan profesional.

KUNCI JAWABAN        : a

PEMBAHASAN              :

Latar belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang melatarbelakangi” sehingga masalah tersebut dijadikan topik penelitian atau pembahasan. Pada latar belakang dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan karya ilmiah.

Kata kunci             : apa yang melatarbelakangi… masalah karya ilmiah tersebut

Nomor 49

Kemampuan yang diuji : Menentukan saran berdasarkan simpulan

Indikator : Menentukan kalimat saran berdasarkan simpulan

Soal : Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan orang merokok dengan bebasnya. Padahal, iklan bahaya merokok telah didengungkan di mana-mana, bahkan pada bungkus rokok pun di tulisnya. Berdasarkan hal itulah penulis bermaksud meneliti bahaya merokok bagi kesehatan.

Soal kalimat saran yang benar adalah

  1. di larang merokok di dekat pom bensin
  2. merokok dapat menyebabkan impotensi dan gangguan janin
  3. merokok dapat menggangu kesehatan orang lain
  4. sebaiknya anda tidak merokok karena menggangu kesehatan

Kunci jawaban : D

Nomor 50

Kemampuan yang diuji : Menentukan penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku

Indikator : Disajikan data buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka

Soal : Data Buku

Judul; Apresiasi Sastra untk SMA

Penerbit: Angkasa, Bandung 1986

Penulis:Erna Husnan

Berdasarkan data tersebut penulisan daftar pustaka yang benar adalah

  1. Ema, Husnan, Apresiasi Sastra Untuk SMA, Bandung: Angkasa. 1986
  2. Husnan, Ema. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA. Bandung: Angkasa.
  3. Husnan, Ema . Apresiasi Sastra Untuk SMA. 1986. Bandung: Angkasa.
  4. Ema, Husnan. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA. Bandung: Angkasa.

Kunci jawaban : B

Nomor 51

Kemampuan yang diuji : Memperbaiki ejaan, tanda baca, pilihan kata, atau kalimat tidak efektif

Indikator : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.

Soal : Orang yang dapat dengan mudah tertular penyakit virus HIV adalah remaja muda yang meninggalkan rumah pada usia 12 hingga 17 tahun dan kecanduan narkotika.

Penggunaan kata yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah ….

  1. dapat, dengan, penyakit, remaja.
  2. dapat, penyakit, virus, muda.
  3. dapat, dengan, penyakit, muda.
  4. dapat, penyakit, virus, remaja.

Kunci jawaban : a

Nomor 52

Kemampuan yang diuji : Membuang/mengganti kalimat tidak padu dalam

Indikator : Disajikan kalimat tidak padu dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikannya.

Soal : (1) Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (2) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Nusa Penida seakan merupakan akuarium alam seukuran raksasa. (3) Pantai  Nusa Penida, tempat yang cocok untuk beternak penyu.

Agar menjadi paragraf yang padu kalimat perbaikan pada nomor 3 adalah .…

  1. Pantai Nusa Penida tidak jauh dari Kota.
  2. Pantai Penida tempat meneliti ikan buas.
  3. Pantai Penida segera dibangun menjadi tempat riset.
  4. Pantai Nusa Penida, tempat yang tepat bagi yang menyukai wisata.

Kunci jawaban : d

Nomor 53

Kemampuan Yang diuji    : Melengkapi sampiran/ isi pantun rumpang

Indikator                              : Disajikan pantun yang larik sampiran/ isinyanya dirumpangkan siswa dapat melengkapinya dengan tepat

Soal                                     :

Perhatikan kutipan pantun berikut!

Pergi berlayar ke Bermuda celana

Layar perak sobek ditambal

Rajin belajar di saat muda

….

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….

  1. agar orang tua tidak kesal
  2. agar tidak menjadi bebal
  3. agar kelak tidak menyesal
  4. agar ilmu dapat dijajal

Kunci:  C

Nomor 54

54. Kemampuan Yang diuji    : Menentukan pantun berdasarkan konteks

Indikator: disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut.

Soal:

Pak Heru sudah lama memperhatikan Pak Gatot. Pak Heru berpendapat kalau Pak Gatot orangnya pendiam, tetapi teliti dalam pekerjaannya. Lain halnya dengan Pak Martono yang kerjanya cepat, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Pantun yang tepat untuk melukiskan Pah Gatot adalah ….

  1. Naik ke gunung mencari batu

Bawa surat dari priangan

Bekerja saling membantu

Pekerjaan berat jadi ringan

  1. Kayu kering api membara

Pepaya muda masih mengkal

Bekerja dengan sedikit bicara

Pasti nanti hasilnya maksimal

  1. Dua di tambah dua empat

Ambil bambu buat tusukan

Bekerjalah dengan cepat

Agar hasil memuaskan

  1. Ada tamu bawa ubin

Kunyit putih dibuat jamu

Jika kamu jadi pemimpin

Perhatikan anak buahmu

Kunci: B

Pembahasan:

Nomor 55

55. Kemampuan Yang diuji    : Menentukan pantun balasan

Indikator: disajikan sebuah pantun,siswa dapt menentukan pantun balasan yang tepat

Soal:

Perhatikan kutipan pantun berikut ini

Merantau orang ke Jakarta

Untuk mencari sesuap nasi

Meski engkau jauh di mata

Namun selalu dekat di hati

Balasan yang tepat untuk pantun tersebut adalah….

  1. Jalan ke kota bersama kakak

Sambil membawa buah lobak

Karena abang sudah tiba

Marilah kita jalan bersam

  1. Ke rumah nenen membawa buku

Duku dibeli di Pasar Baru

Si abang pandai merayu

Saya kan jadi malu

  1. Sayang sungguh ayang

Aku sudah ada yang punya

Bulan depan datang menjelang

Aku sudah tidak melajang

  1. Pergi ke sungai membawa kayu

Tidak lupa memetik maja

Janganlah engkau suka merayu

Lebih baik kita berteman saja

Kunci: B

Pembahasan:

Nomor 56

56. Kemampuan Yang diuji    : melengkapi puisi dengan larik bermajas

Indikator: disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

Soal:

Perhatikan kutipan puisi berikut

Sapa Rindu

Ketika rindu berat menyapa

Dan wajahmu di….

Kalori dalam diri hilang entah berapa

Terdiam, terhuyung betapa nista

Namun kau tetap kukuh,teguh

Membuat persendianku runtuh

Dan serat hati menjadi….

Tak tahukah di matamu

Rinduku berlabuh?

Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut

  1. Bulu mata, rapuh
  2. Jendela, jatuh
  3. Dalam dada, utuh
  4. Dalam hati, jauh

Kunci: A

Pembahasan:

Nomor 57

Kemampuan yang diuji  : menentukan puisi berdasarkan konteks

Indikator  :  Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Libur semester kemarin, Yanto menjenguk neneknya di desa Kuwarasan Kabupaten Kebumen seminggu lamanya. Pada suatu sore yang indah ia pergi ke sawah. Padi yang menguning, angin spoi-spoi, membuat hatinya sejuk, tenang, dan penuh harap seperti padi yang siap dipanen. Terbersit di dalam hatinya kegembiraan disertai rasa syukur yang dalam.

Puisi yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ….

  1. Kampung yang indah

padi menguning

angin berhembus perlahan

aku bersyukur pada-Mu

  1. Laksana permadani indah

Menguning padi terhampar

Angin berhembus spoi-spoi

Sejuk, tenang, harapan

Bersyukur aku pada-Mu

  1. Padi menguning

Angin spoi-spoi

Kesejukan, ketenangan

Aku gembira

dan bersyukur pada-Mu

  1. Tuhanku

Engkau beri padi menguning

Angin spoi menyejuk diri

Aku gembira

dan bersyukur pada-Mu

Kunci Jawaban   : b

Pembahasan  :

Jawaban b menggunakan penokohan yang tepat (sesuai dengan ilustrasi). Dalam jawaban tersebut terkandung isi yang terangkum dalam ilustrasi secara lengkap.

Nomor 58

Kemampuan yang diuji  : melengkapi naskah drama

Indikator  :  Disajikan kutipan drama yang dialognya rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.

Soal  :

Perhatikan kutipan dialog berikut ini!

Tuti           : ( Sibuk mencari sesuatu di dalam tasnya)

“Uangku hilang!”

Hasna       : “Hilang? Kamu lupa menaruh barangkali.”

Tuti          : “Nggak mungkin, tadi kutaruh di dalam tas.”

Amran      : (menghampiri Tuti)

“Jangan-jangan” (menunjuk Soleh yang sedang duduk) “Dia kan tidak ikut olah raga.”

Soleh        : ….

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ….

  1. “Ya, memang saya yang mengambilnya. Maaf ya, Tut.”
  2. “Jangan begitu, saya kan terpaksa.”
  3. “Jangan menuduh Amran, belum tentu tuduhanmu benar!”
  4. “Jangan begitu Amran, kamu kurang ajar, ya!”

Kunci Jawaban  : c

Pembahasan  : kalimat dalam jawaban c sesuai dengan konteks dialog sebelumnya serta menggambarkan adanya hubungan logis.

Nomor 59

Kemampuan yang diuji  : menentukan drama berdasarkan konteks

Indikator  :  Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan drama yang tepat sesuai dengan ilustrasi.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Zulfan merasa takut ketika diajak kakaknya berobat ke dokter. Ia takut jarum suntik, padahal dokter hanya memeriksa dan member obat untuknya.

Naskah dialog yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….

  1. Anisa     : (menggandeng tangan Zul) “Ayo masuk, dokter sudah memanggil”

Zulfan    : “Takut, Kak.”

Dokter   : “Jangan takut, sini saya suntik, tidak sakit kok!”

Zulfan    : “Jangan. Tolong!”

  1. Dokter   : “Kenapa kamu?”

Anisa     : “Ini, dok. Badannya panas.”

Zulfan    : “Jangan disuntik, dok!”

Dokter   : “Coba berbaring,( dokter menempelkan alat ke dada dan perut Zulfan) tidak apa-apa kok! Tunggu saya buatkan resep dulu.”

  1. Dokter   : “kamu sakit, Nak?”

Zulfan    : “Ya, dok tapi jangan disuntik ya, saya takut!”

Anisa     : “Ah, kamu ingin sembuh tidak?”

Zulfan    : “ Ya, Kak.”

Dokter   : “Betul kakakmu Zulfan, kamu harus disuntik agar cepat sembuh.”

  1. Anisa     : “Dok, adik saya sakit panas, mohon diperiksa, dok!”

Dokter   : “Oh begitu, ayo sini berbaring.”

Zulfan    : “Tolong, jangan disuntik ya, dok. Aku takut!”

Anisa     : “Kamu ingin sembuh tidak?”

Zulfan    : “Iya, kak.”

Dokter   : (menempelkan alat ke dada dan perut Zulfan) “Tidak apa-apa, kok. Hanya sedikit kelelahan, sebentar saya buatkan resep ya.”

Anisa     : “ Iya, dok.”

Kunci Jawaban  : d

Pembahasan  :

Isi dialog dalam jawaban tersebut lengkap sesuai dengan ilustrasi.

Nomor 60

Kemampuan yang diuji  : menyunting penulisan drama

Indikator  :  Disajikan kutipan drama yang penulisannya salah, siswa dapat ,menentukan perbaikan yang tepat.

Soal  :

Perhatikan kutipan drama berikut !

Guru         : “Selamat pagi, anak-anak. Ayo Amir kumpulkan tugas teman-temanmu.” (1)

Amir         : (bergegas mengambili buku teman) “Ya, pak.”  (2)

Dodot       : (bingung, gusar) “Mir, buku saya tertinggal di rumah.”   (3)

Guru         : (Menghitung dengan teliti) “Kurang satu, siapa belum mengumpulkan?”  (4)

Dodot       : Sa, saya Pak. Anu tadi ketinggalan di rumah. Maaf sekali ya, Pak.  (5)

Agar penulisan dialog nomor (5) dalam kutipan drama di atas benar, perbaikan yang tepat adalah ….

a. Sa… saya, Pak. Tadi tertinggal. Maaf ya, Pak.

b. “Sa… saya, Pak. Buku saya ketinggalan di rumah. Maaf ya, Pak.”

c. “Sa… saya, Pak. Buku saya tertinggal di rumah. Maaf ya, Pak.”

d. “Sa… saya, Pak. Anu tertinggal di rumah. Maaf ya,Pak.”

Kunci Jawaban     :  c

Pembahasan         :

Kalimat dalam jawaban tersebut selain pilihan katanya baku, penulisan dialog juga sudah benar ( sesuai aturan penulisan naskah drama)

20 Komentar

20 thoughts on “Bank Soal

  1. contoh soal untuk mapel bahasa inggris gak ada pak. kalu boleh saya minta tolong untuk dikirim kan atau di buatkan bank soal untuk UN bahasa inggris TQ

    Insya akan segera saya usahakan, maaf atas kesalahan tersebut

  2. bapak mks ya, desi merasa terbantu banget, ogh ya pak bleh minta bantuan lagi gak pak……^_^
    kalau bisa soal untuk UN SMP na semua mata pljran yg akan di UN kan,,,, seblm n ssdhna desi ucpkan trm ksh bpk…..^_^

  3. pak bleh minta tlg gak,,,,
    tlong dong minta dicariin kumpulan kumpulan soal / test untuk masuk UI
    tlg ya pak

    Boleh aja bila nanti ada lagi. Untuk soaltes masuk belum bisa mengusahakan. Kalau mau bisa download di situs bimbingan belajar, di sana Insya Allah banyak. selamat belajar semoga sukses

  4. pak bleh minta tlg gak,,kalau trik khusus untuk menentukan gagasan utama dan kalim..at utama itu ada tidak?kalau ada kasih tau y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s