SEMINAR HASIL PTK

Di Kabupaten Pekalongan banyak para guru yang sudah mengikuti bimbingan membuat Penelitian Tindakan Kelas. Mereka terdiri atas beberapa kelompok, ada yang di Bojong, Pekajangan, Sragi, Wiradesa, dan kelompok lain. Semua itu mempunyai tujuan agar bisa membuat PTK dengan benar yang nantinya bisa diajukan untuk kenaikan pangkat. Selain itu bisa meningkatkan prestasi siswa.

Panitia Seminar dari kiri  Sri Hartini, Jumadi, Sunarto, Slamet, Hartanso, SumarjonoDari banyak kelompok yang telah mengadakan bimbingan pelatihan penyusunan PTK tersebut yang sampai pada seminar baru Kelompok Wiradesa. Penanggung jawab kegiatan tersebut adalah Kepala UPT Wiradesa yaitu Bp. Siswoyo, S.Pd. dan panitia pelaksananya adalah Bp. Sunarto, S.Pd. dan Ibu Sri Hartini, S.Pd.

Peserta Seminar Hasil PTKSeminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan Hari Minggu tanggal 28 November 2010 di SD 01 pekuncen ini diikuti 89 peserta dari guru TK, SD, dan SMP dari enam kecamatan. Keenam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Doro, Kecamatan Wiradesa, Kecamatan Wonokerto, Kecamatan Siwalan, Kecamatan Tirto, dan Kecamatan Bojong.

Sambutan Ibu Hj siti Masruroh Kabid PPTKSeminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan oleh para peserta tersebut dihadiri Oleh Ibu Hj. Siti Masruroh selaku Kabid PPTK Kabupaten Pekalongan yang memberi sambutan dalam acara pembukaan. Beliau mengatakan bahwa tuntutan profesionalitas telah dijawab oleh peserta dengan berlatih menyusun PTK. Menyusun PTK juga merupakan efek dari hasil sertifikasi guru, selain itu juga masuk dalam unsur pengembangan profesi bila akan maju kenaikan pangkat yang akan diberlakukan tahun 2013.

Bapak Sirhan memukul Gong pertanda acara seminar dimulai

Bapak Sirhan memukul Gong pertanda acara seminar dimulai

Bapak Sirhan -sekretaris dinas pendidikan kab Pekalongan- juga hadir dalam acara pembukaan seminar tersebut. Arahan dari beliau adalah Sertifikasi tidak hanya berhenti di situ saja nanti akan dibentuk tim pengawas. Memberi gambaran seleksi Calon Kepala Sekolah yang semakin banyak persyaratan. Motivasi juga diberikan kepada para peserta seminar bahwa penyusunan PTK langkah awal dan modal awal untuk kenaikan pangkat untuk itu teruslah berkarya untuk peningkatan mutu anak didik dan mutu diri sendiri. Setelah pengarahan selesai dilanjutkan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya acara seminar hasil PTK.

Para Evaluator/pembahas dari kanan Bp Saratri, Bp. Ahmad Munib, dan Bp Zaenuri (batik coklat)

Para Evaluator/pembahas dari kanan Bp Saratri, Bp. Ahmad Munib, dan Bp Zaenuri (batik coklat)

Seminar kali berbeda dengan seminar biasanya. Seminar kali ini menghadirkan 3 dosen sebagai evaluator. Evaluator pertama Bp. Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si. kedua Bp. Drs Ahmad Munib, M.Si. dan Bp. Drs. Zaenuri Mastur, M.Si,SE.Akt. dari UNNES Semarang. Selain itu juga dihari oleh pembimbing penyusunan PTK yaitu Bp. Drs. H. Eko Supraptono, M.Pd.

Jumadi mempresentasikan hasil PTK

Jumadi mempresentasikan hasil PTK

Penyaji pertama adalah Jumadi, S.Pd. dari SMP Negeri 1 Bojong memaparkan hasil PTK yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Metode Simulasi melalui Pendekatan PAKEM bagi Siswa Kelas VIII. Seusai pemaparan ketiga evaluator memberikan komentarnya. Komen yang tak tanggung-tanggung dilontarkan kepada penyaji mulai dari deskripsi yang kurang, metode perlu dijelaskan, interval data yang harus sama. Komentar yang paling berkesan bagiku adalah komentar dan Pak Munib begitu panggilan akrabnya yaitu kalimat pertama muncul adalah “tidak percaya” karena referansi yang kurangg, isi metodologi lemah, redaksional juga lemah.

Pertanyaan dari para Evaluator saya jawab satu persatu dengan beberapa penjelasan. Selain dari Evaluator pertanyaan juga muncul dari peserta.

Para peserta sudah menyajikan hasil PTKnya, Evaluator memberi evaluasi terhadap hasil penelitiannya. Para penyaji pun puas dan merasa senang dengan adanya masukkan dari para dosen yang sudah berkecimpung didunia PTK.

Pengalaman ini yang pertama, pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan teman. Kami juga bertekad untuk melanjutkan pembimbingan lagi yaitu pelatihan mengubah PTK menjadi artikel.

Bp Siswoyo, S.Pd. Menutup Acara Seminardipunghujung seminar ini diadakan acara pentupan dengan bebera kesan pesan dari peserta disampaikan oleh Jumadi, S.Pd. dari evaluator Drs. Ahmad Munib, dan ditutup oleh Bapak Siswoyo, S.Pd. Kepala UPT dinas Pendidikan Wiradesa selaku penanggung jawab kegiatan.

3 thoughts on “SEMINAR HASIL PTK

  1. Mengenai PTK, saya masih ketinggalan, Pak. Saya masih dalam proses latihan menyusun proposal. Yang paling penting dari itu semua, menurut saya, adalah apa motivasi guru dalam membuat PTK? Kalau motivasinya sekedar agar dapat naik pangkat atau mencari prestise agar disebut guru profesional, saya malah khawatir dunia pendidikan akan semakin dalam mengalami degradasi moral dan intelektual karena bisa jadi data yang dilaporkan merupakan hasil rekayasa atau bahkan aspal.
    Semoga semangat kita dan teman2 guru dalam menyusun PTK tidak dikotori oleh perbuatan2 tidak terpuji, dan kita tetap istiqomah pada komitmen untuk ikut serta memperbaiki pendidikan secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s