Indahnya Bersama Bapak

Bulan Ramadhan 1431 H telah berlalu seiring berjalannya waktu. Sepuluh hari yang akhir telah menghapiriku. Rutinitas tahun lalu pun telah menunggu aku.

Salah satu wujud darma baktiku pada Bapak kesayanganku, kuwujudkan dalam kehadiranku di menjelang hari raya. Bapak …. ya…. Bapakku tinggal satu-satunya orang tuaku yang masih menantikan di saat-saat seperti ini, karena Simbokku telah menghadap ke HaribaanNya seribu hari yang lalu. Aku sudah tidak bisa besimpuh diharibaannya lagi disaat seperti ini. Kuhanya bisa membisikkan doa, memohon kepada Allah swt tuk pengampunannya, keluasan tempatnya, diterangkan ruangnya, dibri beri tempat disisiNYa yang sejuk damai nan menyenangkan.

Setelah sholat maghrib aku aku sampai di rumah yang ditempati Bapakku. rumah yang sudah mulai rapuh, seperti kondisi tubuh Bapakku. Kucium tangannya, kepeluk tubuhnya yang sudah tak berdaya. Sopo iki? kata Bapakku saat baru ketemu. Ya bapak sudah sangat berkurang penglihatannya, sehingga setiap ada orang yang datang sudah tidak jelas lagi maka perlu menanyakan siapa. Dijawab pun belum tentu mendengar karena pendengarannya juga sudah sangat berkurang tidak seperti dikala muda dulu. “Aku jumadi” jawabku singkat. O… jumadi.

Setelah saling melepas rindu, bapak segera minta diantar suntik, ya saya sudah ditunggu-tunggu bapak, apalagi kondisinya agak sakit-sakitan sudah waktunya untuk suntik. “Pak wis bengi sesuk wae yo” jawabku. “Yo wis rapopo, sesuk esuk yo keno” bapak sangat mengerti kondisiku walaupun kondisinya sendiri sangat membutuhkan bantuan.

Akhirnya aku agak lega karena bisa istirahat setelah seharian di jalan.

Ternyata kalau sudah tua kita tidak bisa apa-apa lagi seperti saat kita berjaya. Untuk itu mari kita gunakan sebaik-baiknya umur kita untuk persiapan di hari tua nanti apalagi dihari pengunduhan amal bakti kita di dunia ini.

One thought on “Indahnya Bersama Bapak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s